Berburu Beasiswa? Daftar Online Scholarship Competition, yuk!

Berburu Beasiswa? Daftar Online Scholarship Competition, yuk!
Direktur Utama Medcom.id Mirdal Akib (kedua kiri), Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Khohar (kanan), Kepala Biro Marketing & Public Relations Unika Atmajaya Anton Binsar (kedua dari kanan), dan Kepala Biro Kerjasama Humas Promosi Uhamka Deni Adha Akba

Takut kuliah karena biaya yang mahal? Ehm, nggak lagi, deh! Saat ini ada banyak peluang beasiswa yang bisa kamu coba, lo, salah satunya via Online Scholarship Competition (OSC) ini.

Inibaru.id – Biaya yang nggak murah kerap menciutkan nyali kita untuk mendaftar kuliah. Bayangan banyaknya pengeluaran pascaditerima, termasuk biaya kos dan makan, jadi momok nan menyeramkan. Duh! Eh, tapi, jangan menyerah begitu saja, Millens. Kamu bisa mencoba kompetisi beasiswa bernama Online Scholarship Competition (OSC), lo!

Kompetisi yang diselenggarakan Medcom.id ini memperebutkan 360 kuota beasiswa dari 18 perguruan tinggi swasta (PTS) favorit di Jawa hingga Sulawesi. Dengan total beasiswa Rp 30 miliar, nantinya bakal ada 20 beasiswa per PTS, yang diberikan ke pelbagai program studi. 

“Kami ingin turut serta dalam mempermudah anak muda Indonesia mewujudkan mimpi-mimpinya,” papar Direktur Utama Medcom.id Mirdal Akib dalam jumpa pers Peluncuran Program OSC 2018 di Jakarta, Kamis (30/8/2018).

Sementara, pada kesempatan yang sama, Direktur Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Didin Wahidin pun turut mendukung kompetisi beasiswa ini.

"Dari 7 juta lulusan SMA/SMK sederajat, hanya 1,5 juta di antaranya yang melanjutkan pembelajaran ke perguruan tinggi. Salah satunya karena keterbatasan biaya. Maka, kami mendukung program itu,” jelasnya.

Konsep Serba-digital

Launching Online Scholarship Competition. (Medcom.id)

Dalam pelaksanaannya, Medcom.id mencoba memanfaatkan media daring, karena menjadi yang paling "dekat" dengan kita, anak muda. Jadi, cara ini bakal pas banget untuk kita yang melek digital. Cara ini membuatmu nggak perlu lagi menghabiskan waktu menjalani serangkaian proses seleksi di kampus. Prosesnya pun jadi lebih singkat dan efektif.

Perlu kamu tahu, OSC yang telah berlangsung selama empat tahun ini merupakan kompetisi beasiswa daring pertama di Indonesia. PTS pemberi beasiswa selalu meningkat dari tahun ke tahun. Pada penyelenggaraan perdana, hanya ada lima kampus yang memberikan beasiswa.

Peningkatan yang besar ini turut didukung oleh tingginya animo pendaftar. Pada 2017 lalu, jumlah pendaftar mencapai 42.000 siswa. Sedangkan tahun ini, Mirdal berharap sekurangnya bakal ada 70.000 pendaftar.

Oya, pendaftaran beasiswa ini sudah bisa dilakukan mulai Kamis (30/8) lalu, lo. Kalau kamu atau teman-temanmu membutuhkan beasiswa kuliah, segera daftar saja ke laman osc.medcom.id, ya! (IB08/E03)

PTS pemberi beasiswa di program Beasiswa OSC 2018:

1. Universitas Fajar (Unifa) Makassar
2. Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)
3. Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka (Uhamka)
4. Unika Atma Jaya Jakarta
5. President University
6. Universitas 17 Agustus 1945
7. Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS)
8. Universitas Islam Malang (Unisma)
9. Universitas Gajayana
10. Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW)
11. Universitas Maranatha
12. Telkom University
13. Institut Teknologi Nasional (Itenas)
14. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)
15. Universitas Trisakti
16. Universitas Al-Azhar Indonesia (UAI)
17. Universitas Mercu Buana
18. Universitas Gunadarma