Agar Pendengaran Tetap Sehat, Ini Aturan Mendengarkan Musik

Agar Pendengaran Tetap Sehat, Ini Aturan Mendengarkan Musik
Mendengarkan musik secara berlebihan nggak baik. (Mac Force)

Mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan. Namun, mendengarkan musik di luar batas wajar secara terus menerus berisiko menghilangkan pendengaranmu secara permanen, lo.

Inibaru.id – Mendengarkan musik memang sangat mengasyikkan. Baik dalam keadaan santai, penuh konsentrasi, atau sedih sekalipun, musik jadi teman yang tepat di setiap waktu. Namun, mendengarkan musik juga ada aturannya, lo.

Kamu nggak dianjurkan mendengarkan musik atau terpapar kebisingan di atas 85 desibel. Durasi mendengarkan musik juga dibatasi. Dalam satu waktu, kamu nggak boleh lebih dari delapan jam. Lebih dari itu, reseptor pendengaran di organ corti yang terletak di telinga tengah bisa mengalami kerusakan. Bahkan, kamu juga berisiko kehilangan pendengaran secara permanen, Millens.

Kendati begitu, mendengarkan musik masih tetap aman kok asal seusi dengan batas wajar.

Memakai Headphone Maksimal 60 Menit Sehari

Beberapa orang lebih suka mendengarkan musik memakai earphone atau headphone. Namun, hal ini nggak bagus bila dipakai terus-menerus. Paling nggak, kamu hanya memakai alat-alat tersebut selama 60 menit..

Peredam Bising

Jika kamu suka mendengarkan musik melalui headphone, ada baiknya belilah peredam telinga. Benda ini memang terlihat sepele, tapi fungsinya sangat penting. Dengan peredam suara, mendengarkan musik dinilai lebih aman karena suara yang lebih jernih menghindarkanmu untuk meningkatkan volume saat memutar musik.

Atur Volume

Pemutar musik dapat menghasilkan volume maksimum 100 desibel atau lebih. Mendengarkan musik pada level ini dapat mengaibatkan gangguan pendengaran dalam waktu singkat. Selalu jaga volume pemutar musikmu pada angka 60 persen ya, Millens.

Indra pendengaran juga perlu dijaga supaya fungsinya tetap maksimal. Nggak mau kan kalau telingamu terganggu sampai kehilangan pendengaran? (IB24/E04)