Berbagi Pengalaman Pakai Dompet Digital dan Tips Aman Menggunakannya

Berbagi Pengalaman   Pakai Dompet Digital dan Tips Aman Menggunakannya
Kini membeli sesuatu nggak harus pakai uang tunai, e-wallet bisa jadi pilihan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Apakah kamu salah satu pengguna dompet digital atau e-wallet? Memang aplikasi transaksi satu ini jadi salah satu kebutuhan di era daring. Tapi kamu sudah tahu tips aman menggunakannya belum?

Inibaru.id – Dompet digital atau e-wallet yang berkembang sekarang ini memang digemari banyak orang untuk melakukan pembayaran online. Salah satunya dituturkan oleh seorang guru di SD Nahdlatul Ulama Yogyakarta bernama Andrianto yang merasa terbantu dengan adanya e-wallet terlebih dalam urusan transfer uang.

Dompet digital milik Andri bahkan nggak cuma satu. Laki-laki ini menggunakan beberapa aplikasi e-wallet sekaligus dalam melancarkan transaksinya seperti OVO, Gopay, dan Dana. Di balik kesukaannya menggunakan berbagai jenis dompet elektronik ini, Andri ternyata pernah mengalami hal yang nggak mengenakkan.

Ini terjadi ketika nomor gawai yang digunakannya ganti. Padahal nomornya tersebut terhubung dengan berbagai e-wallet, sehingga membuatnya memverifikasi nomor ulang dan menelepon operator. Dia juga diberi waktu beberapa hari oleh operator untuk mengurus, baik lewat surat elektronik atau lainnya.

“Gara-gara nomerku yang dulu itu terblokir. Sudah saya urus ke operatornya tapi sudah nggak bisa. Harus ganti,” katanya pada Rabu (27/5). Kejadian ini membuatnya nggak bisa menggunakan dompet elektronik dan Mobile Banking.

Warga Cirebon, Folly Akbar juga memiliki cerita konyol ketika menggunakan dompet digital. Dia sering menahan malu di depan kasir karena melakukan transaksi.

“Cuma kadang suka ‘malu-maluin’ kalau transaksi. Kadang mendadak top up wallet di depan kasir demi dapat cashback. Ha-ha,” kelakar Folly.

Gunakan e-wallet yang sudah terverifikasi dan legal. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)<br>
Gunakan e-wallet yang sudah terverifikasi dan legal. (Inibaru.id/ Isma Swastiningrum)

Hm, salah satu keuntungan yang sulit ditolak pengguna e-wallet adalah promo. Meski begitu, para pengguna seharusnya tetap berhati-hati. Bisa saja, saldomu raib atau terjadi transaksi yang nggak kamu ketahui. Menurut Folly, pengguna seharusnya membuat sandi yang berbeda untuk setiap e-wallet yang dimiliki.

Tips kedua dari Folly sebaiknya kamu nggak pakai Virtual Private Network (VPN). Terlebih VPN yang nggak kredibel dan dipertanyakan legalitasnya. Menurut Folly menggunakan VPN memiliki risiko pada keamanan data, kecuali jika kamu menggunakan VPN yang berbayar. Kalau Andri menekankan pada kebiasaan berbelanja. Biar hemat, dia hanya berbelanja ketika butuh.

Kamu mungkin punya pengalaman dan tips tersendiri menggunakan e-wallet, Millens? (Isma Swastiningrum/E05)