Berbagai Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Contoh dari Ayah

Berbagai Pelajaran Hidup yang Bisa Kamu Contoh dari Ayah
Ayah, sosok yang nggak tergantikan. (Instagram/glennalinskie)

Setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Ayah Nasional. Selain ibu, ayah juga merupakan sosok orang tua yang dibanggakan. Namun tanpa sadar, dalam perjalanan hidupmu, ayah selalu mengajarkan hal-hal baik ini kepadamu. Apa saja?

Inibaru.id - Ayah nggak sekadar sosok pendidik dan mentor dalam keluarga, tapi dia juga memberi inspirasi bagaimana menjalani hidup. Setiap hari, ayah memberi contoh bagaimana berbuat baik, bekerja keras, dan teguh pada nilai-nilai yang diyakini. Berikut berbagai pelajaran yang bisa kamu pelajari dari sosok ayah.

Nggak Pernah Mengeluh

8 Pertanyaan yang Sering Didengar Oleh Ibu Bekerja (Saja) - Mommies Daily

Ayah sosok pekerja keras. (Mommiesdaily)

Setiap hari ayah bekerja, bahkan di hari liburnya pun dia kadang masih bekerja. Ketika sampai rumah, bisa saja ayah mengomel karena telah seharian lelah bekerja. Namun ayah memilih untuk nggak mengeluh dan bahagia di depan kamu juga ibu. Bagi ayah keluarga adalah nomor satu, tempat penting untuk pulang dan menceritakan semua suka-duka bersama-sama.

Selalu Memaafkan

Sudah saatnya Ayah berhenti bekerja

Senakal apa pun anak, ayah akan memaafkan. (Christianitymalaysia)

Tanpa sadar, ayah mengajari kamu untuk menjadi pemaaf. Ayah sadar jika setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan. Baginya hidup dengan perasaan dendam bisa bikin nggak bahagia sebab hati akan terus dipenuhi dengan amarah. Untuk kebaikan dirimu sendiri, ketika banyak orang memilih untuk menjadi pendendam, kamu sangat berhak untuk menjadi pemaaf.

Nggak Melupakan Hal-hal Penting dari Anaknya

Seru & Meriah! Begini Potret 8 Pesta Ulang Tahun Anak Artis

Merayakan ulang tahun. (Kanal247)

Hari ulang tahun pasti merupakan waktu yang spesial bukan? Sesibuk apa pun ayah pada hari bahagiamu ini, dia akan selalu ingat. Ayah akan lebih memilih untuk pulang lebih cepat untuk memberikan kejutan bagimu. Sebab waktu indah bersamamu nggak bisa ditukar dengan uang. Jika jarak antara kamu dan ayahmu jauh, dia biasanya akan menelepon untuk sekadar mengucapkan selamat ulang tahun. Atau seridaknya, dia pasti akan mendoakanmu.

Bagi Ayah, Kesabaran Itu Kebaikan

https: img-o.okeinfo.net content 2019 11 09 612 2127710 meme-ayah-vs-ibu-siapa-lebih-jago-tangani-anak-ft4lxjPQdB.jpg

Sabar itu penting. (Shutterstock)

Nggak ada sosok yang lebih sabar menghadapi cerewetnya ibu di rumah kecuali ayah. Dari sana ayah mengajarkan jika kesabaran sangat penting. Jika kamu dapat mengontrol dirimu sendiri dengan lebih sabar, secara nggak sadar kamu telah berbuat baik untuk diri sendiri. Sabar di sini nggak sekadar menghadapi orang, tapi bersabar pula dalam proses mencapai cita-cita.

Ayah Ingin Kamu Melakukan yang Terbaik untuk Sukses

Hasil gambar untuk gita gutawa dan erwin gutawa

Membuat ayah bangga dengan kesuksesanmu sendiri. (Fimela)

Bagi seorang ayah, keberhasilanmu adalah keberhasilannya juga. Maka, lakukan lah hal-hal terbaik untuk mendapatkan segala yang kamu inginkan. Jangan sering mengandalkan orangtua untuk mencapai tujuan. Keluarkan lah segala hal terbaik yang kamu bisa. Dengan begitu kamu nggak kehilangan kesempatan berkembang menjadi lebih hebat atas jerih payah sendiri.

Kebaikan dirimu saat ini adalah nggak lepas dari jerih payah ayahmu lo, Millens! Eh, salam untuk ayah kamu ya. Selamat Hari Ayah! (MG26/E06)