Berbagai Negara yang Menolak Perayaan Hari Valentine
Pelajar di Kota Surabaya menolak perayaan Hari Valentine. (Juni Kriswanto/AFP)

Berbagai Negara yang Menolak Perayaan Hari Valentine

Ternyata nggak cuma di Indonesia lo perayaan Hari Valentine menjadi kontroversi. Negara-negara berikut ini bahkan melarang perayaan Valentine. Negara mana saja?

Inibaru.id – Hari Valentine atau hari kasih sayang dirayakan setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya. Bagi sebagian orang, hari Valentine dijadikan momen yang tepat untuk mengungkapkan rasa sayang pada keluarga, teman, atau pasangan. Hanya saja, di berbagai negara, perayaan Valentine justru menjadi kontroversi.

Tak cuma kelompok masyarakat tertentu, bahkan ada pula negara yang melarang perayaan Hari Valentine lo. Berikut adalah negara-negara tersebut.

Indonesia

Ilustrasi aksi menolak Valentine. (Sangpencerah.id)
Ilustrasi aksi menolak Valentine. (Sangpencerah.id)

Di tanah air, banyak orang yang menganggap Valentine nggak sesuai dengan budaya Islam. Biasanya, menjelang Hari Valentine, berbagai ormas gencar mengkampanyekan penolakan terhadap perayaan Valentine. Salah satu organisasi yang gencar mengkampanyekan penolakan terhadap hari Valentine adalah Indonesia Tanpa Pacaran.

Nggak cuma ormas, lembaga pemerintahan seperti Pemerintah Kota (Pemkot) Depok pun mengeluarkan larangan untuk merayakan Hari Valentine. Dinas Pendidikan Kota Depok bahkan sudah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan kepada Kepala Sekolah di SD, SMP, dan pelajar di seluruh wilayah kota ini agar nggak turut merayakannya.

“Iya benar kami menyebarkan surat edaran itu agar tidak merayakan Valentine Day ke Kepala Sekolah SD dan SMP,” ucap Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Mohammad Thamrin, Kamis (13/2/20).

Selain di Depok, MUI Jawa Timur dan Kota Padang juga sudah mengeluarkan imbauan yang isinya meminta umat Islam ngggak merayakan Hari Valentine. Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf pada 2018 juga menyebut Hari Valentine nggak sesuai dengan budaya Aceh dan nilai-nilai agama Islam.

Pakistan

Photo : today.line.me
Photo : today.line.me

Pengadilan Tinggi Kota Islamabad, Pakistan memastikan bahwa masyarakat dilarang untuk merayakan Hari Valentine atau menjual barang-barang yang terkait dengan perayaannya. Bahkan, pada 2016 silam, Presiden Mamnoon Hussain menyebut perayaan Hari Valentine diganti dengan perayaan Modesty Day.

Selain itu, pada 2019, Pakistan juga menjadikan 14 Februari sebagai Hari Persaudaraan sebagai perkenalan budaya timur dan umat Islam bagi generasi muda untuk menggantikan hari Valentine.

Iran

Photo: c.tribune.com.pk
Photo: c.tribune.com.pk

Iran sudah melarang perayaan Hari Valentine sejak 2011. Simbol-simbol seperti bentuk hati, mawar, cokelat, dan berbagai hal lain yang terkait dengan Hari Valentine juga dilarang. Jika sampai dilanggar, pelakunya bisa dituntut dengan hukuman pidana.

Arab Saudi

Photo : today.line.me
Photo : today.line.me

Umat Muslim di Arab Saudi dilarang merayakan Hari Valentine, namun masyarakat non-Muslim masih boleh merayakannya secara pribadi dan tertutup. Hanya saja, pada 2018 silam, negara ini melonggarkan larangan ini dan mulai merayakan Valentine meski masih menjadi kontroversi bagi masyarakat.

Malaysia

Photo: telegraph.co.uk
Photo: telegraph.co.uk

Ternyata, otoritas agama Islam di Malaysia juga melarang perayaan Valentine lo. Menurut Departemen Pengembangan Islam Malaysia, perayaan Valentine bisa merusak moral generasi muda dan membuat mereka lebih tertarik dengan pergaulan bebas.

Kalau Millens sendiri ikut merayakan, menolak perayaan Valentine, nih? (Tir/IB09/E06)

Dibuka untuk Umum, Ereveld Kalibanteng Semarang Bisa Jadi Tempat Rekreasi
Dibuka untuk Umum, Ereveld Kalibanteng Semarang Bisa Jadi Tempat Rekreasi

Mungkin permakaman kesannya suram dan serem. Namun, di Ereveld Kalibanteng Semarang atau yang lebih dikenal sebagai makam Belanda, kamu bisa datang untuk rekreasi sekalipun. Jalan-jalan ke permakaman yang satu ini bukan jadi pilihan buruk. Mau tahu kenapa?

https://www.inibaru.id/adventurial/dibuka-untuk-umum-ereveld-kalibanteng-semarang-bisa-jadi-tempat-rekreasi

Segini Uang yang Dihabiskan Milenial Semarang Buat Beli Bunga di Hari Valentine
Segini Uang yang Dihabiskan Milenial Semarang Buat Beli Bunga di Hari Valentine

Milenial Semarang jelas nggak mau momen valentine terlewat begitu saja tanpa kejutan berupa bunga. Lalu biasanya berapa bujet yang disiapkan mereka buat mempersembahkan seikat bunga sebagai tanda cinta?

https://www.inibaru.id/hits/segini-uang-yang-dihabiskan-milenial-semarang-buat-beli-bunga-di-hari-valentine