Berbagai Makanan Alami Penjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan

Berbagai Makanan Alami Penjaga Daya Tahan Tubuh di Musim Hujan
Jaga imunmu dengan mengkonsumsi makanan-makanan tepat. (Clinicasorrisoesaude)

Makanan-makanan tertentu dipercaya dapat meningkatkan imun pada musim hujan. Nggak cuma nikmat, makanan ini juga menjauhkanmu dari berbagai penyakit langganan di musim hujan. Apa saja?

Inibaru.id – Tubuh sangat rentan terserang penyakit ketika musim hujan tiba. Berbagai macam penyakit seperti flu, batuk dan demam sering jadi langganan di musim hujan. Maka menjaga kesehatan tubuh penting agar aktivitas yang tengah dilakukan nggak terganggu.

Poin utama yang mesti diperhatikan untuk tetap sehat yaitu dengan mengontrol pola makan. Beberapa makanan ini dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh dari serangan penyakit lo. Apa saja ya?

Alpukat

Alpukat baik bagi tubuh. (Cuisine-et-sante)
Alpukat baik bagi tubuh. (Cuisine-et-sante)

Penelitian menunjukkan, mengkonsumsi alpukat bisa mengurangi gejala-gejala penyakit metabolisme lo. Selain itu dapat pula mengecilkan lemak perut, berat badan jadi lebih rendah, membuat kulit sehat, dan menurunkan kolesterol darah. Buah yang kaya dengan kandungan vitamin C, E, dan K ini bisa bikin orang terlihat awet muda karena dapat mencegah keriput lo.

Ikan

Ikan salmon kaya kandungan omega-3. (iStockphoto)<br>
Ikan salmon kaya kandungan omega-3. (iStockphoto)

Ikan terkenal memiliki kandungan asam lemak omega-3 dan iodin yang kaya. Penelitian menunjukkan pula orang yang mengkonsumsi ikan cenderung memiliki risiko terkena penyakit lebih rendah dan daya hidup yang lebih lama. DHA dan EPA yang terkandung di dalamnya juga baik untuk otak.

Susu

Susu kaya kalsium. (Alodokter)<br>
Susu kaya kalsium. (Alodokter)

Protein hewani satu ini kaya dengan kandungan nutrisi yang tinggi, termasuk mineral, vitamin, lemak sehat, serta kualitas protein hewani. Susu mengandung pula vitamin D dan kalsium yang menjaga tubuh tetap sehat. Terutama untuk kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung antioksidan. (Alodokter)<br>
Minyak zaitun mengandung antioksidan. (Alodokter)

Minyak zaitun adalah minyak sehat yang bisa kamu gunakan dalam masakanmu. Minyak zaitun mengandung salah satunya lemak tak jenuh yang baik bagi jantung. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membuat tubuh kamu jadi lebih sehat. Penelitian menunjukkan pula minyak zaitun bisa memperbaiki kolesterol.

Biji-bijian dan Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan suasana hati. (Depositphotos)<br>
Kacang-kacangan dan biji-bijian dapat meningkatkan suasana hati. (Depositphotos)

Nutrien yang bagus untuk kesehatan dapat kamu temui dalam biji-bijian dan kacang-kacangan. Makanan jenis ini memiliki kandungan magnesium dan vitamin E yang kaya. Seperti dapat kamu temukan dalam kacang kenari. Kacang jenis ini dapat menjaga kesehatan jantung dan meningkatkan suasana hati.

Sudah siap berbelanja makanan-makanan ini untuk stok di musim hujan, Millens? (MG26/E06)