Berbagai Jenis Bungkus dari Daun Pisang yang Populer di Indonesia

Berbagai Jenis Bungkus dari Daun Pisang yang Populer di Indonesia
Ada berbagai wadah yang terbuat dari daun pisang. (Makan abis)

Meski penggunaan wadah plastik dan styrofoam kini populer digunakan,  pembungkus dari daun pisang juga masih digunakan, lo. Uniknya daun pisang dapat dibuat menjadi berbagai wadah dengan kegunaan masing-masing. Apa saja?

Inibaru.id – Sebelum populernya wadah makanan seperti styrofoam, kertas minyak, atau kemasan buatan yang sekali pakai, orang zaman dahulu lazim menggunakan daun pisang untuk pembungkus makanan. Kamu juga mungkin masih menjumpainya saat menyantap makanan tradisional.

Penggunaan daun pisang untuk pembungkus makanan biasanya akan memberikan aroma yang lebih sedap seperti lemper, lontong, pecel, hingga hasi kucing. Nah berikut ini adalah beberapa jenis bungkus dari daun pisang.

Tum

Pakai tum, makananmu nggak akan mudah tumpah. (Mi community)
Pakai tum, makananmu nggak akan mudah tumpah. (Mi community)

Teknik tum ini relative mudah dan sering digunakan pada jenis makanan yang dibungkus rapat seperti nasi, botok, maupun garang asem. Keuntungan dnegan menggunakan bungkusan bentuk tum adalah makanan yang tidak akan mudah tumpah. Tum dibuat dengan melipat kea rah atas dua ujung daun pisang yang berbentuk persegi kemudian dituuk dengan lidi.

Pincuk

Sering ketemu pincuk saat makan pecel. (Pegipegi)
Sering ketemu pincuk saat makan pecel. (Pegipegi)

Sekilas bentuk pincuk tampak seperti serok. Pincuk dibuat dari daun pisang yang berbentuk persegi lalu disematkan lidi pada salah satu ujungnya yang sudah ditekuk sedemikian rupa. Pincuk biasanya akan kamu temui saat kamu menyantap pecel, nasi liwet, maupun bubur.

Tempelang

tempelang nggak memerlukan lidi. (Youtube)
tempelang nggak memerlukan lidi. (Youtube)

Jenis bungkus yang satu ini nggak memerlukan lidi lo, Millens! cukup meletakkan makanan di tengah wadah dan melipat ujung kanan dan kiri daun pisang ke arah bawah hingga rapat, maka tempelang siap digunakan. Jenis bungkus tempelang sering digunakan untuk ketan, urap, maupun nasi kucing.

Takir

Takir berbentuk seperti mangkuk. (Tribun Lampung)
Takir berbentuk seperti mangkuk. (Tribun Lampung)

Takir merupakan wadah dari daun pisang yang dibuat dengan cara melipat kedua ujung daun dan menyematkan lidi pada keduanya. Sekilas takir berbentuk seperti mangkuk yang cekung. Kamu bisa memanfaatkan takir untuk berbagai makanan.

Sudi

sudi lazim digunakan sebagai wadah jajan pasar. (Harianjogja)
sudi lazim digunakan sebagai wadah jajan pasar. (Harianjogja)

Saat kamu menyantap klepon, cenil, ongol-ongol, atau jajan pasar lain, kamu mestinya akrab dengan sudi. Jenis wadah ini mengombinasikan bentuk bundar, limas, dan segi empat.

Cara membuatnya yaitu membentuk lingkaran dari daun pisang dan menyematkan lidi pada satu sisi. Kemudian, daun pisang ditekan bagian tengahnya sehingga menyerupai kerucut dengan pinggiran yang cekung sebagai wadah. Gampang, bukan?

Selain ke-5 bungkus itu, masih ada pula wadah-wadah lain yang terbuat dari daun pisang, antara lain punjung yang berbentuk kerucut untuk pembungkus meniran dan wadah bentuk sumpil untuk membungkus nagasari atau bacang.

Daun pisang memang dapat dikreasikan menjadi berbagai bentuk wadah yang serbaguna. Dari berbagai jenis di atas, mana yang bisa kamu buat sendiri, Millens? (Hip/IB27/E03)