Berbagai Buah Asal Kalimantan yang Serupa dengan Durian

Berbagai Buah Asal Kalimantan yang Serupa dengan Durian
Buah Karantungan yang mirip durian. (Instagram/@figs.garden)

Pernah dengar buah pekawai, lahung, karantungan, hingga durian kalih? Ternyata buah-buahasal kalimantan  ini satu keluarga dengan buah durian lo. Apa yang membedakan ya?

Inibaru.id – Kalau kamu berkunjung ke Kalimantan, kamu bakal menemui berbagai jenis buah yang hampir menyerupai durian ini. Meski secara bentuk terlihat mirip, tapi buah yang sering jadi buruan banyak orang tersebut memiliki nama yang berlainan.

Berikut ini merupakan berbagai buah yang hampir sama dengan durian yang perlu kamu tahu:

Pekawai

Buah lai, mirip durian tapi baunya nggak menyengat. (main.weku.io/@bwb)
Buah lai, mirip durian tapi baunya nggak menyengat. (main.weku.io/@bwb)

Buah pekawai dikenal pula dengan nama buah lai. Bentuknya hampir sama dengan durian biasa. Perbedaan yang paling kentara adalah buah lai ini nggak memiliki aroma yang menyengat. Jadi sangat cocok bagi kamu yang nggak suka dengan bau durian. Dagingnya berwarna kuning matang hingga oranye terang. Rasanya kenyal dan manis meskipun nggak selegit durian.

Lahung

Buah lahung dengan kulit warna merah. (Steemit/@bennywb5)
Buah lahung dengan kulit warna merah. (Steemit/@bennywb5)

Lahung menjadi buah berikutnya dari Kalimantan yang mirip dengan durian. Kulit lahung berwarna hijau hingga merah. Uniknya, buahnya pun selain berwarna kuning ada pula yang berwarna merah lo. Bernama latin Durio graviolens, sayangnya lahung sudah sangat sulit untuk ditemukan. Selain di Indonesia, kamu juga bisa menemukan buah ini di Filipina.

Karantungan

Kulit kerantungan/terantungan yang selalu hijau. (Kaskus/linalusiana)<br>
Kulit kerantungan/terantungan yang selalu hijau. (Kaskus/linalusiana)

Kalau kamu menemukan buah mirip durian tapi memiliki kulit yang lebih besar dengan warna kulit yang selalu hijau, buah tersebut bernama karantungan. Daging karantungan lebih kecil dan lebih sedikit jika dibandingkan dengan durian biasa. Jika telah matang, buahnya otomatis akan merekah dan jatuh dengan sendirinya.

Durian Kalih

Druian kalih lebih kecil/mini dari durian biasa. (Youtube/Borneo Crest)
Druian kalih lebih kecil/mini dari durian biasa. (Youtube/Borneo Crest)

Kulit dari durian kalih berwarna jingga terang, dagingnya berwarna kuning cerah dan lebih berair. Rasanya sama-sama menggiurkan seperti durian. Meski secara ukuran durian kalih lebih kecil dibandingkan dengan durian biasa. Kelebihan buah asal Kalimantan ini memiliki bau yang nggak menyengat pula sebagaimana buah lai.

Variasi buah mirip durian ini jarang banget diketahui ya, Millens. Mungkin karena buahnya beberapa sudah sulit untuk ditemukan. Kalau sempat ke Kalimantan, jangan lupa buat mencicipinya ya! (MG26/E06)