Dari Buruh Jadi Pengusaha, Kenapa Tidak?

Berada di zona nyaman sebagai pekerja memang menyenangkan. Tapi, nggak salah juga dengan mencoba hal baru yang bisa buat kamu berkembang sesuai passion lo. Seperti apa?

Dari Buruh Jadi Pengusaha, Kenapa Tidak?
Dari buruh jadi pengusaha. (Mediaindonesia.com)

Inibaru.id – Pernah menelan pil pahit sebagai buruh, sejumlah orang memutuskan untuk menanggalkan statusnya dan beralih membuka usaha baru. Lewat usahanya itu, mereka malah dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang di sekelilingnya.

Hal itulah yang dialami Andra Harimahendra. Pemuda yang sempat bekerja di salah satu Event Organizer (EO) di Semarang itu mengaku nggak puas dengan bayaran yang didapat dari pekerjaannya yang lama. Dia lantas mengundurkan diri dan membuka usaha secara mandiri.

“Aku nggak bisa terus jadi buruh, bayaranku kurang mencukupi kebutuhan hidup. So, daripada aku merengek meminta kenaikan upah, apa salahnya aku bikin usaha sendiri dan gaji diriku sendiri,” ucapnya disusul tawa.

Saat itu, Andra juga sempat berprofesi sebagai jurnalis di salah satu portal berita selama satu tahun. Namun, lagi-lagi Andra nggak menemukan kecocokan di sana.

Pemuda kelahiran Semarang, 29 September 1996, itu akhirnya merintis usaha bersama kedua temannya yakni Rizal Hebrata dan Gilang. Mereka memutuskan untuk mendirikan usaha EO seperti yang pernah dijalankan Andra dengan nama Gomix Production pada 2016 silam.

Nggak hanya itu, Andra juga mempunyai usaha biro wisata yang dia kembangkan secara mandiri. Biro yang bernama Sentani Holiday itu dibuat lantaran Andra hobi menumpang bus lo, Millens. Ha-ha

Andra mengungkapkan, setelah memiliki usaha, dirinya bisa mencukupi kebutuhan hidup. Dia juga senang karena bisa membantu masyarakat dengan menciptakan lapangan kerja baru di lingkungannya.

“Intinya, aku mengerti gimana jadi buruh, jadi aku harus bisa mencukupi semua orang-orang (pegawai) yang bantu aku,” tukas Andra. 

Nggak jauh berbeda dengan Andra, Rezananda Anggriawan pun melakukan hal serupa. Pemuda asal Sidoarjo itu pernah bekerja di salah satu portal media daring dan bergelut di  Lowred Project selama dua tahun.

Reza, sapaan akrabnya kemudian memilih hengkang dari pekerjaannya dan membuat East Project pada 2014 lalu. Hal itu Reza lakukan lantaran pengin mengembangkan diri sekaligus mengasah potensinya di bidang otomotif seperti yang digarap East Project.

“Waktu itu, saya pengin mencari pengalaman baru dan hasilnya lumayan. Saya bisa menghasilkan pundi-pundi uang dari usaha sendiri,” pungkas Reza.

Menurut Reza, setelah membuka berwirausaha, dia dapat mencukupi biaya kehidupannya. Dia pun akhirnya bertekad untuk mengembangkan usahanya itu.

Gimana Millens, sudah terinspirasi dengan kisah Andra dan Reza? Bermula dari buruh, mereka kemudian memilih untuk membuka usaha secara mandiri. Mereka pun akhirnya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat di sekitarnya. Wah, salut deh!. (Hayyina Hilal/E04)