Berapa Lama Nasi Bisa Disimpan dalam Rice Cooker?

Berapa Lama Nasi Bisa Disimpan dalam Rice Cooker?
Berapa waktu yang ideal untuk memanak nasi? (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Menyimpan nasi dalam rice cooker agar tetap hangat adalah hal yang lazim dilakukan oleh masyarakat. Namun hal ini ternyata dapat menyebabkan berkembangnya bakteri dan dapat menimbulkan keracunan.

Inibaru.id – Di banding sumber karbohidrat yang lain, nasi menjadi makanan pokok andalan masyarakat Indonesia. Selain karbohidrat, nasi mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan oleh manusia. Nggak heran, tiada hari tanpa nasi di meja makan.

Kini dengan penanak nasi atau rice cooker, memasak nasi jadi lebih mudah. Selain itu, rice cooker juga punya fitur penghangat untuk menjaga nasi di dalamnya akan tetap hangat. Lalu berapa lama sih waktu yang ideal untuk menyimpan nasi di dalam rice cooker?

Ternyata, memanaskan nasi dalam waktu tertentu dapat mengembangbiakkan bakteri dan menyebabkan keracunan bagi yang mengkonsumsinya. Kamu yang hobi memasak dalam jumlah banyak dan memanaskan nasi dalam rice cooker perlu tahu waktu yang ideal berikut ini.

Rerata waktu yang ideal untuk meninggalkan nasi dalam rice cooker tanpa pembusukan adalah selama 11-12 jam. Setelah rentang waktu tersebut, bakteri mungkin akan berkembang dan berpengaruh pada rasa nasi.

Jangan terlalu lama menyimpan nasi dalam rice cooker. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Jangan terlalu lama menyimpan nasi dalam rice cooker. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Beberapa penanak nasi memang memiliki kemampuan untuk menghangatkan nasi lebih lama. Namun sebisa mungkin hindari untuk menyimpan nasi selama semalaman dalam rice cooker.

Jika nasi berubah warna dan kehilangan rasa, maka hal itu pertanda berkembangnya bakteri. Untuk mastikan apakah nasi masih layak di makan atau tidak, ambil sedikit nasi dan  mencicipinya.

Cara Menyimpan Nasi              

Kamu bisa mengawetkan nasi sisa dengan mematikan rice cooker 5 jam setelah nasi matang. Setelah itu, pindahkan nasi dari rice cooker ke dalam wadah tertutup untuk didinginkan.

Keluarkan nasi dari rice cooker setelah beberapa jam. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Keluarkan nasi dari rice cooker setelah beberapa jam. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Nah kamu bisa memanaskannya kembali dengan kukusan biasa saat kamu akan memakannya. Teknik ini akan membuat nasimu lebih enak seperti baru dimasak.

Sayangnya menghangatkan nasi tidak bisa membunuh bakteri yang sudah berkembang lebih jauh. Selain itu nggak ada jaminan apakah nasi yang telah terkontaminasi bakteri aman untuk dimakan meskipun telah dipanaskan.

Namun penelitian menunjukkan bahwa menyimpan nasi dan memanaskannya kembali dengan cara yang benar sangat penting untuk mencegahnya menjadi keracunan makanan. Jadi setelah ini apakah kamu akan tetap membiarkan rice cooker-mu hidup semalaman, Millens? (Kom/IB27/E05)