Berapa Lama Makanan Bisa Bertahan Dalam Kulkas Tanpa Listrik?

Berapa Lama Makanan Bisa Bertahan Dalam Kulkas Tanpa Listrik?
Berapa lama makanan bisa bertahan di dalam kulkas mati? (Thinkstock via Detik)

Kulkas memang sangat membantu dalam urusan simpan-menyimpan bahan makanan dan bumbu. Tapi ini berlaku jika benda ini teraliri listrik dengan baik. Lalu, berapa lama bahan makanan ini bertahan jika aliran listrik padam?

Inibaru.id - Kulkas merupakan peranti andalan banyak orang untuk menyimpan makanan, minuman, termasuk bumbu supaya tetap awet.

Meski begitu, hal yang berbeda bisa terjadi apabila aliran listrik terputus dan menyebabkan kulkas nggak berfungsi. Maka, jangan heran jika es krim, daging beku, sisa makanan, termasuk bumbu cepat saji yang seharusnya disimpan dalam kondisi beku menjadi cepat rusak. Duh!

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) AS, masalah itu dapat sedikit dicegah dengan menjaga pintu kulkas tetap tertutup. Hal ini bertujuan supaya suhu di dalam kulkas nggak turun secara drastis selama aliran listrik belum tersambung kembali.

Organisasi itu juga mengatakan, makanan tetap dalam kondisi yang baik di kulkas selama empat jam apabila pintu kulkas tertutup. Sementara makanan bisa bertahan selama 48 jam di freezer yang penuh, dan 24 jam jika freezer setengah terisi.

CDC menyarankan, sebaiknya pemilik kulkas untuk menempatkan termometer di lemari pendingin dan freezer untuk memonitor suhu. Suhu ideal lemari pendingin adalah 4,5 derajat Celcius atau lebih rendah, sedangkan untuk freezer adalah minus 17 derajat Celcius atau kurang.

Tambahkan Pendingin

Tambahkan es kering untuk menjaga makanan pada suhu 4,5 derajat Celcius. (Thinkstock via Detik)
Tambahkan es kering untuk menjaga makanan pada suhu 4,5 derajat Celcius. (Thinkstock via Detik)

Untuk memperlambat kerusakan makanan akibat kulkas mati, menutup pintu memang penting. Tapi, cara ini nggak akan bertahan lama jika aliran listrik nggak kunjung tersambung. Makanya orang-orang disarankan untuk memasukkan makanan gampang rusak yang terlanjur didinginkan ke dalam cooler.

Kalau perlu tambahkan juga es batu atau es kering jika ada untuk menjaga makanan pada suhu 4,5 derajat Celcius atau lebih rendah pada wadah tersebut.

Setelah Aliran Listrik Tersambung

Begitu kulkas kembali terhubung dengan listrik, segera periksa suhu makanan. Kalau suhunya masih 4,5 derajat Celcius, tandanya makanan masih aman dan bisa kembali dibekukan. Namun, jika nggak memiliki termometer, periksa kondisi makanan apakah masih terdapat kristal es atau nggak. Apabila masih terdapat kristal es makanan, artinya masih aman untuk dibekukan kembali atau dimasak.

O ya, kamu sebaiknya nggak menentukan rusak atau nggaknya makanan hanya dari penampilan atau baunya. Pisahkan makanan yang berada di dalam kulkas yang mati empat jam atau lebih. Singkirkan juga makanan yang mudah rusak, termasuk daging, daging unggas, makanan laut, susu, telur, atau sisa makanan yang suhunya di atas 4,5 derajat Celcius.

Makanan yang gampang rusak dengan suhu 7 derajat Celcius atau lebih rendah disarankan untuk segera dimasak dan dimakan. FYI, makanan dingin yang suhunya sempat meningkat lantaran listrik di kulkas terputus dalam waktu tertentu bisa menyebabkan penyakit jika nekat dimakan.

Jadi, kamu patut waspada saat mengolah atau memasak makanan tersebut. Kalau nggak yakin, mending nggak usah deh.

Mengingat di Indonesia listrik bisa padam sewaktu-waktu, sebaiknya kamu serap tips di atas ya, Millens? (Kom/IB21/E07)