Beragam Jenis Tanaman Gantung Indoor yang Bisa Bikin Rumah Makin Segar

Beragam Jenis Tanaman Gantung Indoor yang Bisa Bikin Rumah Makin Segar
Kaktus Anggur, salah satu tanaman anggur gantung. (Youtube/Narasi Nara)

Tanaman hias yang ditempatkan di dalam rumah nggak harus melulu yang ditempatkan di dalam pot. Kamu juga bisa lo menempatkan tanaman gantung indoor. Dijamin bisa bikin rumahmu makin segar deh.

Inibaru.id – Tanaman hias di dalam ruangan nggak harus yang melulu ditempatkan di dalam pot. Realitanya, ada banyak jenis tanaman gantung indoor yang bisa kamu coba, lo. Nggak hanya bisa membuat tampilan rumah kamu jadi lebih cantik, udara di dalam ruangan juga bisa makin segar, lo.

Kalau kamu memang tertarik untuk menanam tanaman gantung indoor di rumah, coba deh kamu pertimbangkan untuk memilih tanaman-tanaman berikut ini.

1.       Paku Sarang Burung

Paku sarang burung. (Kutanam)
Paku sarang burung. (Kutanam)

Paku Sarang Burung memiliki nama latin Asplenium Nidus. Nah, tanaman gantung ini bisa kamu tempatkan di dalam rumah karena ukurannya yang kecil. Meski ditempatkan dalam pot gantung, kamu nggak akan kerepotan deh menanamnya di rumah.

Tapi, pastikan untuk menempatkannya di area yang bisa terpapar sinar matahari langsung. Hal ini disebabkan oleh pertumbuhan tanaman ini yang memang sangat bergantung dengan paparan sinar matahari. Semakin banyak mendapatkannya, semakin baik daunnya. Bentuknya bakal semakin meruncing ke atas sehingga membuatnya jadi semakin indah.

Meski begitu, sebaiknya kamu menempatkannya di lokasi di mana sinar matahari nggak terus-terusan menyinarinya. Kalau nggak, daunnya bisa jadi kuning dan jelek, deh.

Selain di ruang tamu, paku sarang burung bisa kamu tempatkan di ruang makan, ruang keluarga, hingga di kamar mandi.

2.       Sirih Gading

Sirih gading. (Unsplash/Severin Candrian)
Sirih gading. (Unsplash/Severin Candrian)

Sirih gading termasuk dalam tanaman gantung indoor yang cukup populer di Indonesia. Banyak orang yang sengaja menempatkannya di ruang keluarga karena bisa bikin suasana ruangan tersebut jadi semakin adem dan segar.

Yang menarik dari tanaman ini adalah meski potnya cukup kecil, dahan-dahannya bisa menjuntai keluar seakan-akan akan merambat ke segala arah. Meski nggak berbunga sama sekali, daunnya memiliki bentuk yang unik sehingga sedap untuk dipandang.

Nggak hanya bisa bikin udara jadi lebih segar, konon sirih gading jugabisa menyerap racun di udara, lo.

3.       Kaktus Anggur

Kaktus anggur. (Flickr/

Forest and Kim Starr)
Kaktus anggur. (Flickr/ Forest and Kim Starr)

Kebanyakan kaktus yang dijadikan tanaman hias ditempatkan di dalam pot. Namun, khusus untuk kaktus anggur ini, bisa kamu jadikan tanaman gantung indoor, lo. Hal ini disebabkan oleh ukurannya yang kecil dan bentuknya yang memang sangat menarik.

Meski masuk dalam keluarga kaktus, kaktus anggur cenderung memiliki dahan seperti anggur hijau dan nggak berduri. Dahan-dahan ini juga menjuntai keluar pot sehingga membuatnya sangat indah saat digantung di ruang keluarga ataupun di kamar tidur.

4.       Million Heart

Tanaman gantung indoor million heart. (threebouquets)
Tanaman gantung indoor million heart. (threebouquets)

Tanaman million heart memiliki daun berwarna hijau berukuran kecil dengan bentuk hati. Dahannya bisa berjumlah sangat banyak dan menjuntai sangat panjang keluar pot sehingga membuatnya terlihat rimbun dan cantik.

Kamu sebaiknya menanam million heart di tempat yang cenderung hangat agar pertumbuhannya sempurna.

Gimana, Millens, tertarik menanam tanaman gantung indoor di rumah? (Rum/IB09/E05)