Benda-benda Ini Ternyata Nggak Boleh Disimpan di Kamar Mandi, lo

Benda-benda Ini Ternyata Nggak Boleh Disimpan di Kamar Mandi, lo
Benda yang nggak boleh dibiarkan terlalu lama di kamar mandi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kamar mandi merupakan ruangan yang cenderung terus berada dalam kondisi lembap. Meski kamu membersihkan diri di tempat ini, kamar mandi sebenarnya kotor dan penuh kuman. Kamu pun nggak boleh sembarangan menyimpan barang di ruangan ini.

Inibaru.id – Di kamar mandi, kamu bisa membersihkan diri, berganti baju, atau bahkan berdandan. Hanya, bukan berarti kamu bisa melakukan semua hal di dalamnya. Sebagai contoh, kamu nggak boleh asal menyimpan barang di ruangan tersebut. Bisa jadi barang tersebut akan rusak atau terpapar bakteri berbahaya. Benda-benda apa sih yang sebaiknya nggak kamu simpan di sana? Yuk, Simak!

1. Sikat Gigi

Sikat gigi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Sikat gigi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Menyimpan sikat gigi di dalam kamar mandi sudah menjadi suatu kebiasaan yang dilakukan banyak orang. Nah, ternyata sikat gigi yang terlalu lama diletakkan di kamar mandi bisa terpapar bakteri dan kuman, lo.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Manchester University mengungkapkan jika sikat gigi memiliki kemungkinan menyimpan lebih dari 10 juta bakteri. Parahnya lagi, bakteri tersebut berasal dari feses yang tersebar ketika flush toilet dinyalakan. 

Selalu bilas sikat gigi ketika hendak digunakan. Jangan lupa, angin-anginkan sampai kering sebelum kamu pakai. Jika ingin tetap meletakkan sikat gigi di dalam kamar mandi, taruh sikat gigi di tempat yang jauh dari kloset.

2. Handuk

Handuk akan mudah lembap jika diletakkan di kamar mandi. (Shutterstock)
Handuk akan mudah lembap jika diletakkan di kamar mandi. (Shutterstock)

Handuk merupakan barang yang dipakai setiap hari selepas mandi untuk mengeringkan tubuh. Karenanya, permukaan handuk akan menjadi lembap. Kalau kamu juga menyimpannya di dalam kamar mandi, maka handuk pun nggak akan kunjung kering. Masalahnya adalah, handuk yang lembap menjadi tempat favorit bagi bakteri, jamur, dan kuman penyebab penyakit.

Jemur handuk di bawah sinar matahari setelah dipakai. Sinar matahari akan membantu membunuh kuman. Selain itu, hindarilah menggantung handuk di pintu kamar mandi. Jangan lupa untuk menggantinya setiap satu minggu sekali.

3. Obat-obatan

Ilustrasi obat. (shutterstock)
Ilustrasi obat. (shutterstock)

Kamar mandi buka tempat ideal untuk menyimpan obat-obatan dan vitamin. Jangan terpengaruh dengan beberapa adegan film yang memperlihatkan seseorang mengambil obat di kamar mandi. Obat-obatan seharusnya dijauhkan dari tempat yang lembap.

Obat dan vitamin harus disimpan di ruangan dengan suhu ruangan antara 20 atau 25 derajat Celsius. Kondisi ruangan juga harus kering jika nggak ingin obat tersebut mudah rusak.

4. Perhiasan

Perhiasan cepat bernoda ketika dibiarkan lama-lama di kamar mandi. (iStock)
Perhiasan cepat bernoda ketika dibiarkan lama-lama di kamar mandi. (iStock)

Membiarkan perhiasan terlalu lama di dalam kamar mandi bukanlah hal yang tepat. Kelembapan di kamar mandi dapat menyebabkan perhiasan cepat bernoda, apalagi yang berbahan dasar perak.  Baiknya, kamu menyimpan berbagai perhiasan di dalam kotak khusus di ruangan yang kering.

5. Kosmetik

Kosmetik yang disimpan di kamar mandi akan lembap. (Journal.sociolla)
Kosmetik yang disimpan di kamar mandi akan lembap. (Journal.sociolla)

Berbagai kosmetik seperti lipstik, bedak, dan kuas nggak seharusnya diletakkan di dalam kamar mandi karena bakteri dan jamur lebih mudah berkembang biak pada peralatan tersebut. Hal ini disebabkan oleh peralatan kosmetik yang menjadi lembap akibat diletakkan di kamar mandi. Simpan saja kosmetiknya di kamar tidur kamu ya, Millens.

6. Cat Kuku

Shutterstock
Shutterstock

Cat kuku yang disimpan di kamar mandi akan lebih mudah rusak. Teksturnya akan berubah menjadi terlalu pekat. Nggak hanya itu, cat kuku juga nggak mudah menempel pada kuku dan menggumpal karena terpapar kelembapan.

7. Wewangian

Kamar mandi bukan tempat yang tepat untuk menyimpan wewangian.  (Journal.sociolla)
Kamar mandi bukan tempat yang tepat untuk menyimpan wewangian.  (Journal.sociolla)

Naik-turunnya suhu ruangan di kamar mandi bisa merusak molekul di dalam parfum sehingga membuat aromanya menjadi lebih asam. Jadi, jika ingin tampil wangi, lebih baik memakai parfum setelah keluar dari kamar mandi. 

Pisau Cukur

Pisau cukur. (Blibli)
Pisau cukur. (Blibli)

Silet pisau cukur akan cepat berkarat jika diletakkan di tempat yang lembap. Tapi, jika tetap ingin menaruh pisau cukur di kamar mandi, jangan lupa langsung mengeringkannya setelah digunakan. 

Gimana Millens. Adakah satu atau beberapa dari barang-barang tersebut yang masih ada di kamar mandi? Segera keluarkan, ya! (Det/MG29/E07)