Benarkah Pusar Rambut Menggambarkan Watak Seseorang?

Benarkah Pusar Rambut Menggambarkan Watak Seseorang?
Benarkah pusar rambut menggambarkan watak seseorang? (iStockPhoto)

Pusar rambut atau uyeng-uyeng seringkali dianggap bisa menggambarkan watak seseorang layaknya bandel, keras kepala, atau tidak. Sebenarnya, apakah hal ini memang benar?

Inibaru.id - Kamu pasti pernah mendengar hal ini, Millens. Pusar rambut yang ada di kepala dianggap bisa menggambarkan watak seseorang. Konon, kalau pusar rambut ada dua misalnya, maka seseorang dianggap memiliki karakter aktif, berani, atau bahkan bandel. Sementara itu, orang dengan pusar rambut satu dianggap lebih kalem.

Selain pusar rambut, orang Jawa menyebutnya sebagai 'uyeng-uyeng'. Nah, banyak orang tua yang masih mempercayai keterkaitan antara jumlah pusar rambut ini dengan karakter seseorang. Sebenarnya, apakah hal ini memang benar?

Meski terkesan sebagai anggapan yang sedikit konyol, realitanya ada lo penelitian yang dilakukan untuk mencari tahu seperti apa pengaruh pusar rambut dengan karakter seseorang. Penelitian ini dilakukan pada 1972 lalu di Amerika Serikat.

Menariknya, dari penelitian ini, ditemukan fakta bahwa 94 persen bayi yang lahir di Negari Paman Sam punya rambut pusar. Lo, ternyata ada orang yang nggak punya rambut pusar?

Nah, dari seluruh bayi yang diteliti, ternyata setiap bayi memiliki pusar rambut yang berbeda, khususnya dalam hal lokasinya. Ada yang memiliki satu pusar rambut, ada yang punya dua, bahkan ada juga yang punya lebih banyak. Menariknya, ada juga bayi dengan rambut yang sangat lebat sehingga pusar rambutnya nggak terlihat.

Pusar rambut ternyata tetap punya pengaruh ke diri seseorang. (WikimediaCommons)<br>
Pusar rambut ternyata tetap punya pengaruh ke diri seseorang. (WikimediaCommons)

Pusar Rambut Terkait dengan Tangan yang Dominan

Kalau di Indonesia, pusar rambut dianggap terkait dengan karakter seseorang. Menariknya, menurut peneliti bernama Dr. Amar J.S. Klar, Kepala Bagian Genetika dan Laboratorium Biologi Kromosom di National Cancer Insititute Maryland, Amerika Serikat, arah pusar rambut memengaruhi seseorang juga, tepatnya di sisi penggunaan tangan.

Apabila ada orang dengan pusar rambut searah jarum jam, maka dia cenderung dominan menggunakan tangan kanannya. Nah, kalau arah pusar rambutnya berlawanan dengan jarum jam, yang lebih dominan adalah tangan kirinya alias kidal.

Nah, kalau soal karakter atau watak seseorang, nggak terkait sama sekali dengan pusar rambut kok. Hal ini lebih terkait oleh faktor lingkungan dan pendidikan yang didapat sejak kecil. Sebagai contoh, jika seorang anak dididik di keluarga yang cenderung keras, maka wataknya juga bisa saja jadi seperti itu nantinya.

Menarik, ya Millens, bahasan tentang pusar rambut dan karakter seseorang. Omong-omong, ada berapa banyak pusar rambut di kepala kamu? (Bob/IB28/E07)