Benarkah Puasa Bisa Bikin Awet Muda?

Benarkah Puasa Bisa Bikin Awet Muda?
Awet muda karena puasa. (Nisfeldunia.arham)

Berpuasa dinilai dapat memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang didapat dengan berpuasa adalah awet muda. Benarkah?

Inibaru.id - Banyak orang percaya kalau puasa bisa mendatangkan banyak manfaat. Selain demi mendapatkan pahala, mereka bersemangat melakukan puasa karena percaya ibadah ini bisa memberikan manfaat kesehatan sekaligus membuat awet muda.

Laman Tempo, Sabtu (4/5/2019) menulis, saat berpuasa, seseorang bisa menghabiskan waktu hingga 13 atau 14 jam tanpa mengonsumsi makanan atau minuman apapun. Hal ini rupanya bisa memberikan kesempatan bagi tubuh untuk melakukan berbagai macam proses seperti detoksifikasi, mengatasi peradangan, sekaligus menurunkan berat badan.

Puasa juga berdampak pada fisik sehingga seseorang akan terlihat awet muda. Fakta ini diungkap Ketua Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan (Pergizi Pangan) Indonesia Hardinsyah. Dia mengatakan, saat berpuasa, tubuh manusia akan menjalankan proses autophagy atau pembersihan sel dengan cara menghilangkan sel-sel yang sudah rusak, berbagai zat beracun, dan sisa makanan atau minuman.

“Saat puasa, tubuh kekurangan asupan makanan. Sistem tubuh pun akan berubah menjadi lebih efisien. Salah satunya adalah dengan menjalankan proses autophagy,” terangnya.

Proses itu juga akan membuat berbagai macam sel yang sudah nggak berguna atau zat-zat beracun diubah menjadi berbagai macam nutrisi dan asam amino. Hal inilah yang menjadi cadangan energimu saat berpuasa, Millens.

Selain itu, berpuasa juga membuat produksi sel-sel baru berjalan dengan baik. Hal ini juga terjadi pada kulit sehingga membuatmu awet muda.

Karena manfaat kesehatan inilah, berpuasa kini nggak lagi identik dengan aktivitas kaum Muslim. Banyak orang dari negara maju di Benua Eropa atau Amerika yang mulai mengikuti diet berpuasa atau yang dikenal dengan fasting diet.

Meski bikin lapar dan haus, berpuasa memang punya banyak manfaat. Selamat berpuasa! (IB09/E04)