Benarkah Puasa Bikin Sakit Gigi Kambuh?

Benarkah Puasa Bikin Sakit Gigi Kambuh?
Beberapa orang justru mengeluh sakit gigi kambuh ketika berpuasa. (via Orami)

Sebagian orang mungkin mengira asam lambung yang naik karena berpuasa bikin sakit gigi. Tapi, benarkah puasa bisa membuat sakit gigi kambuh?

Inibaru.id – Ketika berpuasa, sangat penting untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan gigi. Tapi, beberapa orang justru mengalami sakit gigi saat berpuasa. Hm, benar nggak sih kalau puasa malah bikin gigi sakit?

Buat kamu yang juga mengalaminya, ada baiknya menyimak penjelasan dokter gigi dari klinik Aesthetic Pondok Indah drg Yulita Dora ini. Kata dr Dora, puasa nggak meningkatkan risiko sakit gigi, kok. Apalagi kalau orang tersebut sudah rutin menjaga kebersihan mulut dan gigi sebelum memasuki bulan Ramadan.

Sakit gigi juga nggak disebabkan karena asam mulut meningkat. Kondisi mulut asam penyebab gigi berlubang disebut bakal kerap dialami mereka yang salah dalam menyikat gigi.

"Gigi berlubang itu kan kalau hygine-nya buruk, misalnya memang sudah nggak pernah kontrol, scaling, itu bisa berlubang. Kalau saat puasa kondisi giginya bersih, nggak mungkin pas Lebaran gigi jadi berlubang atau sakit," beber dr Dora, Senin (11/4/2022).

Terlalu banyak makan makanan manis menjadi penyebab sakit gigi bisa kambuh. (Freepik via Sindo)
Terlalu banyak makan makanan manis menjadi penyebab sakit gigi bisa kambuh. (Freepik via Sindo)

Nah, salah satu hal yang meningkatkan risiko sakit gigi ketika berpuasa itu kalau kamu terlalu banyak makan makanan manis. Enak sih, tapi makanan manis yang berlebihan dapat menyebabkan sakit gigi saat puasa. Karena itu, dianjurkan menyikat gigi dengan benar setelah sahur dan berbuka puasa.

"Makanan manis kan suka nempel tuh ke permukaan gigi, jadi ketika kita berpuasa, bukan cuma bikin bau, tapi bisa bikin gigi sakit," katanya.

Biar sakit gigi nggak kamu alami, sebaiknya tetap periksa gigi secara rutin ke dokter gigi. Selain itu, perawatan standar seperti menyikat gigi juga nggak boleh dilewatkan. "Kalau gigi dalam keadaan sehat, ketika puasa tidak akan membuat gigi berlubang atau sakit," pungkas dr Dora.

Kalau kamu termasuk golongan yang mager banget untuk menyikat gigi usai sahur dan berbuka, hendaklah segera bertobat. Nggak mau kan kalau pas Lebaran nanti, kamu malah sakit gigi, Millens? (Det/IB21/E07)