Benarkah Pekerja di YIA Tewas Karena Didorong Kuntilanak?

Benarkah Pekerja di YIA Tewas Karena Didorong Kuntilanak?
Yogyakarta International Airport (Twitter.com/rismawan20_)

RA meninggal setelah mengalami kecelakaan kerja di Bandara Yogyakarta International Airport (YIA). Hanya, belakangan beredar video yang menyebut Penyebab kematian RA adalah didorong oleh kuntilanak. Apakah hal ini memang benar?

Inibaru.id – RA, Petugas Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA), Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta meninggal karena kecelakaan kerja. Insiden ini terjadi pada Sabtu (2/5/2020). Korban diketahui jatuh dari pohon. Meski sempat dilarikan ke rumah sakit, nyawa korban nggak bisa diselamatkan.

“Korban saat itu sedang piket, lalu ada warga yang meminta diantar menuju kantor Angkasa Pura I. Namun korban menolak,” kata Kapolsek Temon Kompol Riyono pada Selasa (5/5/2020).

Riyono melanjutkan, setelah RA menolak, warga yang meminta tolong itu pun berjalan sendiri menuju taman. RA kemudian berinisiatif mengawasi warga tersebut dari atas pohon. Nahas, RA kemudian terjatuh dan mengalami luka yang cukup serius di bagian kepala.

Aktivitas pekerja di Yogyakarta International Airport (Twitter.com/sutopo_pn)
Aktivitas pekerja di Yogyakarta International Airport (Twitter.com/sutopo_pn)

Saat itu, masih terdapat pekerja di lantai dua. Mereka mendengar suara benda terjatuh sehingga memutuskan untuk mengecek dari lantai tiga. Saat itulah mereka menyadari RA mengalami kecelakaan sehingga langsung melakukan pertolongan.

“Di sana mereka menemukan korban sudah terjatuh dalam kondisi tak sadarkan diri. Korban lalu diberikan pertolongan pertama dan dilarikan ke rumah sakit,” tuturnya.

Dari pantauan olah tempat kejadian perkara, ditemukan tali berbahan nilon yang membentang. Saat ditemukan dalam kondisi terjatuh, terdapat tali yang menempel di tubuh RA. Hal ini membuat banyak orang menduga RA terjatuh akibat terjerat tali.

Hanya, belakangan ini di Youtube beredar video berdurasi 17 detik yang memperlihatkan  sesosok kuntilanak tengah berada di lantai dua Bandara Yogyakarta Airport (YIA). Di Instagram pun beredar foto dengan caption seorang petugas parkir tewas akibat dilempar sosok kuntilanak dari lantai tiga Bandara YIA.

Penampakan perempuan di lantai dua yang diduga kuntilanak. (Youtube/DM Organizer)<br>
Penampakan perempuan di lantai dua yang diduga kuntilanak. (Youtube/DM Organizer)

Akun yang menyebarkan video tersebut salah satunya adalah CHENOUTEZZ CHANELL dengan judul “Penampakan sosok wanita kuntilanak di bandara BIY / YIA KULONPORGO”. Dalam video tersebut, terlihat seorang perempuan berpakaian putih dan berambut panjang tengah berdiri di tepi jendela memperhatikan arah luar. Perempuan yang diduga kuntilanak tersebut hanya diam saat pembuat video merekamnya.

Akun Youtuber bernama Eko Priyo pun memberikan balasan pada video tersebut. “Tolong admin ini video hoax. Di YIA gak ada bangunan seperti itu, kebetulan saya bekerja di sana,” kata dia.

Youtuber lain Rht Diante pun mengatakan hal yang sama. “Mana ada gedung kayak gini di YIA? Ini dapet video dari mana min? Mending cari tau kebernarannya dulu sebelum ngeshare, dari pada HOAX jadinya.”

Pikiran dan logika yang jernih memang harus dikedepankan untuk melihat insiden ini ya, Millens! Semoga kejadian kecelakaan kerja seperti ini nggak terulang lagi. (Kom/MG26/E07)