Benarkah Musik Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja?

Benarkah Musik Dapat Tingkatkan Produktivitas Kerja?
Mendengarkan musik disebut bisa meningkatkan produktivitas kerja. (Shutterstock)

Beberapa orang memilih bekerja sambil mendengarkan musik karena merasa lebih produktif. Benarkah kedua hal itu berkaitan?

Inibaru.id – Musik memiliki peran yang cukup penting dalam menentukan mood seseorang. Terkadang, mendengarkan musik dapat mendorong seseorang untuk mendapat inspirasi dalam berkarya. Karena manfaat inilah, banyak orang yang mendengarkan musik sambil bekerja.

Melansir dari laman Techinasia (27/1/17), sebuah studi yang dilakukan pakar musik Dr Teresa Lesiuk membenarkan bahwa musik memiliki peran penting dalam produktivitas seseorang. Dia menyebut, orang yang mendengarkan musik mampu memenuhi tugasnya lebih cepat dan memiliki banyak ide.

National Geographic juga pernah mengadakan ekperimen sosial tentang korelasi antara musik dengan peningkatan kualitas kerja otak. Pada eksperimen tersebut, beberapa orang dihadapkan dengan sederet puzzle. Dalam upaya pertama, seluruh responden gagal untuk memecahkan teka-teki yang disediakan. Namun, setelah mendengarkan sebuah komposisi dari Mozart, secara mengejutkan mereka dapat menyelesaikan teka-teki tersebut tanpa hambatan.

Mendengarkan musik dapat meningkatkan produktivitas kerja. (Reference)

Hal ini bisa ditilik dari sisi biologis, Millens. Dari sisi tersebut dapat dipahami musik mampu merangsang pelepasan dopamin di area otak. Karena itu, kinerja otak pun bisa meningkat.

Nah, agar mendapatkan manfaat yang maksimal saat mendengarkan musik, sesuaikan musik yang mengiringi kerjamu dengan jenis musik yang kamu sukai. Hindari juga mendengarkan musik dengan lirik.

Kalau kamu nggak suka musik klasik, bisa juga diganti dengan musik elektronik. Musik elektronik bisanya repetitif dan tanpa lirik sehingga nggak akan memecah konsentrasimu dalam bekerja.

Wah, bisa dicoba nih mendengarkan musik sambil bekerja. Eh, atau kamu sudah sering melakukannya, Millens? (MG23/E04)