Benarkah Minum Es Batu saat Menstruasi Bikin Darah Membeku?

Benarkah Minum Es Batu saat Menstruasi Bikin Darah Membeku?
Ilustrasi minum es. (stock.adobe)

Mitosnya, wanita yang sedang menstruasi nggak boleh minum es batu karena bisa membuat darah menjadi beku. Kamu percaya? Simak yuk penjelasan berikut. 

Inibaru.id - Ada banyak sekali mitos tentang menstruasi yang memicu kesalahpahaman persepsi. Salah satunya adalah larangan meminum es saat haid. Hal ini dipercaya dapat menyebabkan darah haid membeku. Benar nggak ya? 

Mitos ini ternyata nggak benar, Millens. Hal ini disebabkan oleh berbedanya saluran pencernaan dan saluran reproduksi di dalam tubuh. Suhu dingin es batu tersebut sebenarnya hanya akan terasa sampai ke tenggorokan saja. Saat air mencapai lambung dan tercampur dengan berbagai macam enzim, suhunya akan menyesuaikan dengan suhu tubuh.

Mitos lain yang dipercaya banyak orang adalah darah haid bisa tersumbat jika wanita memiliki hobi minum es batu. Hal ini juga nggak benar. Apapun yang dikonsumsi oleh tubuh akan diolah di saluran pencernaan. Setelahnya, nutrisinya akan diserap oleh tubuh. Proses ini nggak ada hubungannya dengan kondisi menstruasi seseorang.

Anggapan bahwa minum es batu saat haid dapat menyebabkan kanker rahim dan terbentuknya kista juga hanya mitos, Millens. Kanker rahim dan kista terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal di dalam tubuh seorang wanita, bukannya karena es batu.

Saat haid, hormon estrogen dan progesteron berkurang drastis sehingga tubuh membutuhkan asupan cairan. Maka dari itu, pastikan untuk menjaga tubuh agar nggak sampai terkena dehidrasi.

Manfaat Minum Air Es

Ternyata, mengonsumsi air es juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh, lo. Sebagai contoh, jika kita meminumnya saat bangun tidur, akan membuat organ tubuh aktif dan meningkatkan denyut jantungHal ini akan membuat kamu akan merasa lebih segar sekaligus mengusir rasa ngantuk.

Ilustrasi meningkatkan detak jantung. (Shutterstock)
Ilustrasi meningkatkan detak jantung. (Shutterstock)

Saat haid, pencernaan wanita cenderung lebih sensitif. Dengan minum air es, bisa membantu mencegah datangnya konstipasi sekaligus membantu meringankan nyeri haid.

Pastikan tubuhmu terhidrasi dengan mencukupi kebutuhan air putih ya saat haid, ya, Millens(IB24/E07)