Benarkah Mandi Setelah Begadang Semalaman Berbahaya?

Benarkah Mandi Setelah Begadang Semalaman Berbahaya?
Dampak mandi setelah begadang semalaman. (urbansehat)

Setelah semalaman begadang, tubuh tentu terasa lesu dan lunglai. Kebanyakan orang memilih untuk mandi agar terasa lebih segar. Namun, banyak yang meyakini mandi setelah begadang dapat membahayakan kesehatan. Apakah anggapan ini benar?

Inibaru.id -  Mandi bisa membuat badan dan pikiran kembali segar dan bertenaga. Karena alasan inilah banyak orang yang langsung melakukannya demi mengatasi rasa letih setelah semalaman begadang. Hanya, ada yang menyebut mandi setelah begadang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Apakah anggapan ini memang benar?

Ternyata, hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa mandi setelah begadang bisa menyebabkan dampak buruk. Jadi, secara umum, hal ini untuk dilakukan, selama kamu merasa bahwa tubuhmu berada dalam kondisi yang sehat dan fit. Meski begitu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mandi jika memang tubuhmu sudah mengalami gejala demam.

Mandi memang memiliki beberapa manfaat yang baik bagi tubuh seperti meningkatkan hormon endorphin, meningkatkan laju metabolisme tubuh, melepas stres, meredakan nyeri, menyegarkan tubuh, serta mencegah datangnya infeksi penyakit.

Meski begitu, ternyata ada lo orang yang nggak disarankan untuk mandi setelah begadang atau kurang tidur. Mereka adalah yang memiliki riwayat penyakit jantung atau penyakit Raynaurd (penyakit yang mengganggu siklus darah). Jika tetap memaksakan diri mandi, bisa jadi dampaknya cukup fatal. Sebagai contoh, tubuh bisa saja mengalami syok yang bisa berimbas pada gangguan fungsi jantung atau pembuluh darah. Efeknya tentu nggak main-main, kan, Millens? 

Kalau kamu merasa kurang segar setelah begadang semalaman namun khawatir untuk mandi, ada kok cara lain agar kamu bisa lebih segar. Kamu bisa berjemur di bawah sinar matahari yang hangat, misalnya. Hal ini bisa kembali menyeimbangkan jam biologis tubuh yang sebelumnya berantakan gara-gara begadang.

Mandi setelah begadang (bigstockphoto)
Mandi setelah begadang (bigstockphoto)

Nah, dengan berjemur di bawah sinar matahari, jam biologis akan beradaptasi lagi dengan cahaya di sekitarmu. Tubuhmu pun akan secara otomatis me-reset kembali jam tidurmu agar normal.

Selain berjemur, kamu juga bisa mencoba dengan menggerakan tubuh atau melakukan olahraga yang sederhana. Kegiatan ini juga bisa kamu kombinasikan saat berjemur tadi.

Lakukan peregangan pada tubuh selama 10 menit. Langkah ini dapat membantu meningkatkan peredaran darah serta meningkatkan kekuatan otak, sehingga kamu akan merasa lebih segar meski telah begadang semalaman.

Selanjutnya, cara yang paling ampuh untuk mengembalikan energi dalam tubuh setelah semalaman begadang adalah dengan tidur siang. Namun, tidur siang yang dianjurkan hanya selama 10-20 menit saja. Kalau kamu tidur lebih dari 45 menit, tubuhmu justru akan lebih terasa lesu dan beresiko membuat kamu pusing saat bangun tidur.

Nah, sebisa mungkin atur pola tidur mu agar sehat dan nggak sering-sering begadan, ya, Millens! (Tem/MG31/E07)