Benarkah Kendaraan Bermotor Terkini Nggak Perlu Lagi Dipanaskan Mesinnya?

Benarkah Kendaraan Bermotor Terkini Nggak Perlu Lagi Dipanaskan Mesinnya?
Mesin kendaraan bermotor terkini nggak perlu dipanaskan lagi? (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Dulu, banyak orang terbiasa memanaskan mesin kendaraan sampai lama. Namun, benarkah kalau mesin kendaraan terkini nggak perlu lagi dipanaskan?

Inibaru.id – Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia pasti terbiasa dengan istilah memanaskan mesin. Biasanya sih ya, proses memanaskan mesin ini dilangsungkan setiap pagi atau sebelum kendaraan dipakai. Belakangan ada sejumlah orang yang menyebut kendaraan bermotor versi baru nggak perlu lagi dipanaskan mesinnya. Beneran nggak sih?

Ada banyak alasan yang membuat mesin kendaraan dipanaskan. Ada yang menyebut hal ini bisa membuat kondisi aki tetap prima sekaligus memastikan sirkulasi oli mesin bisa berlangsung dengan lancar. Nah, hal ini membuat banyak orang memanaskan mesin dalam waktu yang cukup lama.

Contohnya, ada lo yang sampai memanaskan mesin kendaraan hingga 15-30 menit. Hasilnya, ya polusi udara deh.

Untungnya sih, ya, mesin kendaraan zaman sekarang berbeda dengan mesin kendaraan zaman dulu. Contohlah, ya, mesin mobil modern dilengkapi dengan electronic control unit (ECU) serta oil pump technology yang jauh lebih baik. Alhasil, kini mesin mobil pun nggak perlu dipanaskan. Andai kamu ingin memanaskannya, juga nggak perlu lama-lama.

Hal ini dibenarkan oleh legenda reli Indonesia, Rifat Sungkar. Dia memastikan kalau mobil zaman sekarang nggak perlu dipanaskan lama-lama karena mesinnya sudah mampu meningkatkan sirkulasi oli hanya dalam waktu yang sebentar.

“Dulu memanaskan mobil (dibutuhkan) untuk memastikan sirkulasi oli. Mobil modern sudah mampu melakukannya dalam waktu singkat,” ujar Rifat, Kamis (9/9/2021).

Teknologi mesin dan oli terbaru memungkinkan mesin nggak perlu dipanaskan lama-lama lagi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Teknologi mesin dan oli terbaru memungkinkan mesin nggak perlu dipanaskan lama-lama lagi. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Dipengaruhi Perkembangan Teknologi Oli Mesin

Yang menarik, nggak hanya mesin mobil yang mengalami perkembangan signifikan, oli mesin juga mengalami kemajuan teknologi yang berimbas pada mesin mobil nggak perlu lagi dipanasi. FYI, kebanyakan oli kendaraan modern jauh lebih encer dari oli zaman dulu. Otomatis, oli ini bisa melumasi seluruh mesin dengan maksimal dengan cepat.

“Pelumas sudah encer. Sekarang sudah dibikin sempurna dan efisien, ramah lingkungan,” terang Rifat.

Meski begitu, ternyata masih ada lo sejumlah mobil yang tetap membutuhkan perlakukan khusus dalam hal pemanasan atau pendinginan mesin. Contohlah, mobil bermesin turbo, ternyata harus didinginkan dulu sebelum dipastikan, bukannya langsung dimatikan begitu saja saat berhenti.

Kalau langsung dimatikan, dikhawatirkan panasnya akan mempengaruhi komponen mesin. Otomatis, usia mesin jadi nggak lama, deh.

Untungnya sih ya, orang Indonesia jarang yang punya mobil bermesin turbo. Sepeda motor masih jadi primadona banyak orang untuk dikendarai ke mana-mana. Nah, dengan teknologi dan oli terbaru, kamu jadi nggak perlu lagi deh memanaskan mesin kendaraan lama-lama.(Jaw/IB09/E05)