Benarkah Kamu Nggak Boleh Cuci Piring Saat Hujan?

Benarkah Kamu Nggak Boleh Cuci Piring Saat Hujan?
Jangan mencuci piring ketika badai petir. (Shutterstock)

Kamu tentu pernah mendengar saran dari orang lain berupa nggak boleh mencuci piring saat hujan. Biasanya, alasan dari larangan ini adalah agar nggak tersambar petir. Apakah saran ini memang benar? Yuk simak faktanya.

Inibaru.id – Mencuci piring bisa dilakukan kapan saja. Apalagi jika peralatan makan yang kotor sudah banyak menumpuk. Namun, kegiatan satu ini bisa menjadi berbahaya ketika kamu lakukan saat badai petir terjadi. Nggak main-main, nyawa bisa jadi taruhannya, lo!

Ada alasan mengapa larangan ini diberlakukan. Kamu bisa benar-benar tersambar petir jika tetap nekat melakukannya saat badai petir. Jika pipa saluran air di rumah kamu nggak terhubung dengan benar, listrik yang berasal dari sambaran petir bisa mengalir lewat pipa dan air. Air ini bisa jadi sudah disertai dengan tegangan listrik yang berbahaya. Jika tegangan ini sangat besar, tentu dampaknya bisa sangat buruk.

“Menyingkirlah dari hal-hal yang menghantarkan listrik di rumah,” kata spesialis keselamatan petir untuk Layanan Cuaca Nasional, John Jensenius, dalam laporan yang diunggah oleh situs dan penyedia aplikasi cuaca AccuWeather.

Mencuci piring dan membersihkan peralatan makan. (Tipsrumahan)<br>
Mencuci piring dan membersihkan peralatan makan. (Tipsrumahan)

Meski kamu berada di dalam rumah, Jensenius ternyata menyarankan kamu untuk menghindari saluran air jika ada banyak suara petir atau guntur. Hal ini disebabkan oleh bahan plastik yang dipakai untuk pipa ledeng ternyata nggak menjamin kamu nggak tersambar aliran listrik.

“Air juga dapat menghantarkan listrik,” ucap dia.

Eits, nggak hanya saat mencuci piring saja, lo. Bahaya juga bisa timbul ketika kamu menggunakan pipa ledeng, mandi, bahkan saat mencuci tangan saat badai petir terjadi. Kamu lebih disarankan untuk melakukannya saat badai petir sudah mereda.

Hal yang sama berlaku pula ketika kamu memakai peralatan listrik saat badai petir datang. Misal saat itu kamu tengah menonton televisi, menelepon seseorang, menggunakan komputer, dan lain-lainnya. Kegiatan semacam ini sebisa mungkin dihindari, ya.

Tunda kegiatan mencuci piring hingga badai petir reda. (Shutterstock)<br>
Tunda kegiatan mencuci piring hingga badai petir reda. (Shutterstock)

Menurut Jensenius, hal apa pun yang ditancapkan ke dinding atau yang terkoneksi dengan pipa atau saluran air yang ada di rumahmu memiliki potensi yang berbahaya jika digunakan saat badai petir.

Melihat fakta ini, bukan berarti saat hujan kamu nggak boleh mencuci piring atau mandi. Asalkan saat hujan tidak terjadi badai petir, hal ini masih boleh untuk dilakukan. Hanya, jika sampai saat itu sedang terjadi badai petir, sebaiknya memang kamu nggak menyentuh air atau peralatan elektronik terlebih dahulu, deh Millens. (Hyp/MG26/E07)