Benarkah Daniel Radcliffe Positif Corona?

Benarkah Daniel Radcliffe Positif Corona?
Daniel Radcliffe dikabarkan positif virus corona. (Anthony Harvey/Getty Images)

Sebuah akun Twitter menyebut pemeran Harry Potter, Daniel Radcliffe, positif terpapar virus corona. Warganet pun gempar dengan kabar ini. Seperti apa faktanya?

Inibaru.id – Warganet dihebohkan dengan kabar yang menyebut pemeran utama film Harry Potter, Daniel Radcliffe, positif terpapar virus corona alias COVID-19. Bagaimana faktanya?

Sebuah akun diketahui menyebarkan kabar bahwa Daniel terpapar virus corona dengan mengatasnamakan diri sebagai BBC News, tepatnya dengan nama @BBCNewsTonight. Unggahannya pada Selasa (10/3/20) pukul 08.00 waktu setempat bahkan sudah mendapatkan ribuan retweet dan likes dari pengguna Twitter.

Breaking: Daniel Radcliffe positif mengidap coronavirus, aktor ini merupakan orang terkenal pertama yang dikonfirmasi secara publik,” cuit akun tersebut.

Daniel Radcliffe. (Instagram/@daniel9340)
Daniel Radcliffe. (Instagram/@daniel9340)

Nggak hanya warganet, beberapa media besar layaknya New York Times hingga CBS News ternyata juga ikut terkecoh dengan cuitan ini. Media-media tersebut ikut me-retweet cuitan tersebut sehingga membuat kabar ini semakin viral.

Hanya saja, beberapa warganet ternyata cukup cermat untuk nggak langsung percaya dengan berita tersebut. Mereka menemukan fakta bahwa akun tersebut adalah akun palsu. Meski memiliki profil yang cukup meyakinkan, ternyata akun tersebut sama sekali nggak terkait dengan BBC. Akun ini juga hanya memiliki 125 pengikut. Kini, akun tersebut juga sudah ditangguhkan oleh Twitter.

Daniel Radcliffe. (newindianexpress.com)
Daniel Radcliffe. (newindianexpress.com)

Radcliffe nggak tinggal diam saat tahu namanya dicatut untuk dijadikan berita hoaks. Lewat akun Instagram pribadinya, @daniel9340, Daniel mengunggah Instastory yang menyebut dirinya berada dalam kondisi yang sehat dan nggak terpapar virus corona COVID-19.

Jangan percaya Twitter, Daniel baik-baik saja,” tulisnya dalam snapgram.

Virus corona memang masih menjadi pembahasan yang hangat di berbagai media, termasuk media sosial ya Millens. Sayangnya, banyak sekali berita yang ternyata nggak benar dan justru memicu kekhawatiran berlebihan. Selalu cermat agar tidak termakan berita hoaks, ya Millens(IB09/E06)