Jadi Pendatang Baru Terbaik NBA, Ben Simmons Tuai Kritikan

Jadi Pendatang Baru Terbaik NBA, Ben Simmons Tuai Kritikan
Ben Simmons saat menerima penghargaan sebagai Rookie of The Year (Foxsports.com)

NBA memberi penghargaan Rookie of the Year pada Ben Simmons. Namun, penghargaan itu disoroti banyak pihak. Wah, kenapa ya?

Inibaru.id – Pebasket Benjamin David Simmons atau yang dikenal dengan nama Ben Simmons baru saja meraih penghargaan sebagai Rookie of the Year atau Pendatang Baru Terbaik dari National Basketball Association (NBA) pada Selasa, (26/6/2018) di Santa Monica, California, Amerika Serikat. Simmons yang bermain untuk klub Philadelphia 76ers ini terpilih setelah bersaing dengan Donovan Mitchell dari Utah Jazz dan Jayson Taston dari Boston Celtic’s.

Kendati begitu, terpilihnya Simmons atas kategori tersebut menuai kontroversi. Banyak pihak mempertanyakan status "pendatang" yang disematkan kepada pemuda kelahiran Melbourne, 20 Juli 1996 tersebut karena pada tahun debutnya 2016 silam Simmons lebih banyak absen lantaran mengalami patah kaki. Pemain dengan tinggi 2,08 meter dan berat 104 kg ini memang menorehkan performa yang cemerlang dan sempat digadang sebagai Pendatang Baru Terbaik. Namun penghargaan tersebut baru diberikan pada musim pertandingan 2017-2018 saat Simmons nggak lagi "baru". Karena itulah, penggemar menganggap penghargaan tersebut lebih layak diberikan pada Donovan Mitchell karena dialah debutan sejati.

Menanggapi kemenangannya sekaligus kontroversi ini, Simmons mengungkapkan rasa terima kasihnya pada orang-orang yang mendukungnya.

“Saya ingin berterima kasih pada keluarga saya, di mana saya memulai segalanya. Keluarga. Teman-teman. Saya tidak akan berada di sini tanpa mereka. Dan, tentu saja teman-teman seklub saya, pelatih saya yang hebat, Kota Philadelphia yang merangkul saya,” ujar Simmons.

Simmons juga menanggapi para penggemar yang menganggapnya nggak layak mendapat penghargaan itu. Dia merasa nggak mengambil penghargaan tersebut dari Donovan maupun yang lainnya.

“Saya mencoba untuk nggak membiarkan media mempublis ini secara berlebihan, begitu juga dengan penggemar, atau apapun itu karena saya tahu yang saya lakukan dan saya telah melakukannya di pertandingan. Tentu saja ini cukup. Nggak ada yang diambil dari Jayson atau Donovan. Mereka sudah menjalani musim yang luar biasa menakjubkan, yang sudah mereka capai juga hebat. Seandainya saya bisa bermain tahun lalu, salah satu dari merekalah yang layak mendapatkan (penghargaan) ini,” lanjut putra pasangan Dave dan Julie Simmons ini.

Terlepas dari kontroversi tersebut, Simmons menjadi orang asli Australia pertama yang menorehkan prestasi di NBA. Selamat Simmons! Semoga kariermu ke depan kian bersinar. (IB15/E04)