Beli Kucing Secara Daring, Yang Datang Justru Harimau Sumatera

Beli Kucing Secara Daring, Yang Datang Justru Harimau Sumatera
Ilustrasi - bayi kucing yang ternyata adalah bayi harimau Sumatera. (Flickr/zoofanatic)

Usai membayar Rp 14 juta untuk membeli bayi kucing Savannah secara daring, pasangan ini justru mendapati 'kucing' yang mereka terima adalah harimau Sumatera. Apa yang kemudian mereka lakukan?

Inibaru.id – Banyak orang yang ingin memelihara harimau. Meski dikenal sebagai binatang buas, harimau memiliki bentuk tubuh mirip kucing sehingga sering dianggap menggemaskan. Meski begitu, pasangan suami istri dari Le Havre, Normandy, Prancis ini justru kebingungan tatkala mereka diberi harimau Sumatera. Kok bisa?

Usut punya usut, semua berawal dari keinginan mereka untuk membeli kucing secara daring. Kucing yang mereka inginkan sebenarnya adalah berjenis Savannah. Harga kucing ini lumayan mahal, lo, yakni sekitar Rp 14 juta.

Setelah menunggu beberapa saat, kiriman kucing yang selama ini mereka idam-idamkan akhirnya tiba. Mereka pun memeliharanya dengan kasih sayang sepenuh hati. Mereka nggak tahu kalau bayi kucing yang mereka pelihara selama ini adalah bayi harimau Sumatera.

Bayi harimau sekilas memang mirip anak kucing biasa. (Flickr/Mathias Appel)
Bayi harimau sekilas memang mirip anak kucing biasa. (Flickr/Mathias Appel)

Setelah beberapa lama memelihara, mereka merasa kalau bayi kucing tersebut berjenis Savannah. Meski memiliki corak bulu yang sekilas mirip, sang bayi memang terlihat berbeda dari kucing pada umumnya. Mereka pun akhirnya menelepon polisi untuk memastikan kucing tersebut bukan hewan langka.

Hasil penyelidikan memastikan kalau bayi kucing tersebut memang bayi harimau Sumatera. Pasangan ini pun harus merelakan kucing tersebut dipindah ke Kantor Keanekaragaman Hayati Prancis.

“Bayi harimau ini memang sempat terlihat di Elbeuf. Bahkan, hewan ini juga sempat masuk dalam video klip musisi rap Petit-Quevilly,” terang aparat kepolisian.

Harimau Sumatera masuk dalam hewan langka dan dilindungi. (Flickr/Tambako the Jaguar)
Harimau Sumatera masuk dalam hewan langka dan dilindungi. (Flickr/Tambako the Jaguar)

FYI, nih, Millens, harimau Sumatera termasuk dalam hewan yang sangat langka dan dilindungi. Di alam liar Indonesia, jumlahnya diperkirakan nggak sampai 400 ekor. Hewan ini pun nggak boleh dijadikan hewan peliharaan.

Pasangan suami istri ini kemudian diinterogasi oleh aparat kepolisian setempat untuk mendapatkan informasi dari mana mereka memesan bayi harimau tersebut. Hasilnya, sembilan orang telah ditangkap karena dianggap memperjualbelikan satwa langka.

Ada-ada saja ya, Millens. Meski harimau sepertinya asyik untuk dipeluk-peluk, tetap saja hewan ini hewan liar dan habitatnya memang di alam bebas. Semoga nggak ada lagi orang yang memperjualbelikannya ya. (Dre/IB09/E05)