Belanja Daring Semakin Mudah dengan Fitur AR di Instagram

Belanja Daring Semakin Mudah dengan Fitur AR di Instagram
AR Instagram. (Firstpost)

Instagram kini memfasilitasi fitur Augmented Reality (AR). Fitur ini membantu pengguna untuk "mencoba" barang yang dibeli secara daring.

Inibaru.id – Instagram kini dilengkapi dengan fitur Augmented Reality (AR). Fitur ini dianggap bisa membantu kebiasaan masyarakat modern yang gemar melakukan belanja secara daring.

Meskipun belanja daring menawarkan kemudahan, dalam realitanya hal ini juga bisa menimbulkan masalah tersendiri. Sebagai contoh, pembeli nggak bisa mencoba barang-barang yang ingin dibeli. Padahal, mencoba barang tersebut bisa membantu pembeli untuk memastikan kecocokan barang untuk dikenakan. Beruntung, fitur AR di Instagram bisa menjadi solusi untuk mengatasi hal ini.

Fitur ini mampu membuat kamera depan ponsel menjadi semacam cermin virtual. Kamu bisa mencoba produk yang pengin dibeli secara daring sekaligus mengecek apakah produk ini cocok untuk dikenakan atau tidak.

Hasil gambar untuk ar on instagram

Contoh penggunaan fitur AR saat belanja daring di Instagram. (Instagram)

Sebagai contoh, jika kamu pengin membeli lipstik secara daring, kamu tinggal menggunakan fitur ini untuk melihat apakah lipstik ini cocok untuk mukamu atau tidak. Produk kacamata hitam virtual juga bisa dipasangkan pada bayanganmu di layar untuk mengetahui apakah terlihat cocok atau tidak saat dikenakan.

Hanya saja, Instagram menyebut baru ada dua jenis produk yang telah menggunakan fitur AR ini, yakni produk kosmetik Marc dan Nars serta produk kacamata Rayban/ Warby Parker.

Instagram yakin jika di masa depan makin banyak produk yang menggunakan fitur AR ini sehingga pengguna pun bisa dengan mudah mencari barang secara daring sesuai dengan kebutuhanmu.

Lantas, bagaimana cara menggunakan fitur ini? Kamu hanya perlu checkout pada barang yang pengin kamu beli. Setelah itu, di layar bagian bawah akan muncul tulisan “Try it on”. Klik tulisan itu untuk “mencoba” produk ini secara virtual sebelum memutuskan untuk menggunakannya.

Nggak lagi takut salah deh kalau pakai fitur AR ini. Wah, bakal sering-sering belanja nih lewat Instagram nih sobat Millens. Ha-ha. (IB09/E04)