Belalang dan Anjing Liar Jadi Ancaman Piala Dunia 2018

Perhelatan sepak bola internasional Piala Dunia 2018 menghadapi satu masalah serius. Musim panas diperkirakan bakal memicu wabah belalang yang akan mengancam rumput stadion jika nggak ada tindakan serius.

Belalang dan Anjing Liar Jadi Ancaman Piala Dunia 2018
Velgograd Arena, salah satu stadion yang bakal digunakan untuk gelaran Piala Dunia 2018 Rusia. (Twitter.com/StadiumDB)

 Inibaru.id – Kompetisi Piala Dunia 2018 menjadi salah satu perhelatan akbar yang paling menyedot perhatian masyarakat sejagat. Semua mata menunggu hajat yang bakal digelar di Rusia tersebut. Namun, menjelang berlangsungnya kompetisi, datang ancaman. Bukan terorisme atau ancaman bencana, ancaman justru datang dari serangga mungil yang nggak pernah diperhitungkan sebelumnya, yakni belalang!

Diperkirakan, wabah belalang bakal menyerang rumput stadion di Rusia pada musim panas ini yang besar kemungkinan bakal menghambat jalannya pertandingan yang bakal melibatkan timnas-timnas terkuat dunia tersebut.

Musim panas memang menjadi waktu favorit belalang untuk menyantap hamparan rumput hijau. Kepala Departemen Pertanian Rusia Pyotr Chekmarev mengungkapkan, sekitar sejuta hektar lahan pernah dipenuhi belalang.

Baca juga:
Geger Kandungan Babi pada Viostin DS dan Enzyplex, Benarkah?
Bursa Transfer Eropa Berakhir, Siapa Saja yang Ganti Klub?

Daerah yang menjadi sasaran serangan tersebut termasuk Kota Volgograd, satu dari 11 kota yang akan menggelar Piala Dunia 2018 Rusia.

“Kami belajar bagaimana menghadapi belalang. Tetapi bagaimana agar kami tidak jatuh ke dalam skandal global terkait belalang tahun ini?” ungkap Chekmarev, seperti ditulis Kompas.com, Kamis (1/2/2018).

Peremajaan Velgograd Arena. (Fiabmachines.com)

Situasi ini lantas menjadi problematika serius yang dihadapi Otoritas Rusia. Piala Dunia akan digelar pada 14 Juni-15 Juli 2018 di 12 stadion. Stadion-stadion berumput hijau tersebut dikhawatirkan akan menarik kawanan belalang saat pertandingan berlangsung.

Sterilkan Kota

Nggak cuma belalang, Otoritas Rusia turut menghadapi permasalahan hewan liar di kota-kota penyelenggara Piala Dunia. Sekitar dua juta hewan liar dikabarkan memadati daerah tersebut.

Demi kelancaran Piala Dunia, pemerintah Rusia konon juga telah "mengamankan" anjing-anjing liar. Keengganan publik Rusia mensterilkan hewan peliharaan konon menjadi alasan kenapa banyak anjing liar di sana. Sebagian anjing liar itu bahkan menjadi agresif dan mengemis makanan di jalanan.

Baca juga:
Perjuangan Bule Selandia Baru Nikahi Gadis Asal Wonogiri
Mirip Ramen Instan, Jaket Ini Harus Diseduh Dulu Sebelum Dipakai

Wakil PM Rusia Vitaly Mutko mendesak pemerintah kota mengatasi masalah tersebut tanpa kekerasan.

“Reputasi negara dipertaruhkan karena kita bukan orang kejam yang melakukan pembunuhan massal terhadap binatang di jalanan,” tegasnya.

Yap, masalah wabah belalang dan anjing itu memang harus segera diselesaikan sih. Jangan sampai, justru belalang dan anjing liar yang menjuari Piala Dunia. Ha-ha. (AYU/GIL)