Bekraf dan VIU Kolaborasi Kembangkan Industri Film Indonesia

Bekraf dan VIU Kolaborasi Kembangkan Industri Film Indonesia
Triawan Munaf selaku Kepala Badan Ekonomi Kreatif dalam acara Kolaborasi antara Viu dan BEKRAF di Gedung BUMN, Jalan Merdeka, Jakarta Pusat (25/2). (bekraf.go.id)

Bekraf dan VIU menjalin kerjasama yang ditujukan untuk mendorong sineas muda Indonesia memproduksi film-film berkualitas.

Inibaru.id – Layanan video Over the Top (TOT) VIU dan Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf) menandatangani Memorandum of Understanding (Mou) untuk bekerja sama mengembangkan industri film Indonesia. Proses penandatanganan Mou ini dilakukan Kepala Bekraf Triawan Munaf dan Country Manager VIU Indonesia Apurva Desai di Gedung Kementerian BUMN, Senin (25/2) kemarin.

IDNTimes, Senin (25/2) menulis, Apurva menyebut masyarakat Indonesia cenderung lebih tertarik untuk menikmati apa yang disajikan alih-alih memproduksi sesuatu. Karena alasan inilah dia tertarik untuk mengajak sineas muda untuk lebih banyak memproduksi film berkualitas dan bernilai tinggi demi bisa memasuki pasar global.

“Kami akan mendorong eksplorasi dan ekosistem film Indonesia melalui inisiatif yang disebut dengan filmpreneur,” ungkap Apurva.

Salah satu program yang akan diwujudkan dalam kolaborasi bersama dengan Bekraf ini adalah VIU Pitching Forum (VPF) yang akan diadakan setiap tahun. Acara ini diharapkan bisa memfasilitasi ide cerita dari para profesional di dunia film Tahan Air yang nantinya akan diproduksi sebagai VIU Originals.

“Film-film yang terpilih nantinya akan dipamerkan melalui VIU Shorts di panggung global,” lanjut Apurva.

Sebenarnya VIU Shorts lebih mirip seperti festival film pendek. Fokus dari acara ini untuk mengarahkan minat dan bakat anak-anak muda yang tertarik dengan dunia perfilman sejak dini.

VIU juga akan mendukung program Akatara dari Bekraf dengan cara menyosialisasikan program ini dalam berbagai rangkaian kegiatan VPF. Sebaliknya, pihak Bekraf juga akan menyediakan mentor Bekraf ke VPF dan VIU Shorts demi memberikan workshop atau menyediakan pemutaran dan dialog film hasil Akatara di acara VPF dan VIU Shorts.

“Bekraf yakin kolaborasi dengan VIU ini bisa mendorong pembentukan ekosistem perfilman Indonesia menjadi lebih baik,” ucap Triawan.

Semoga saja kerjasama ini bisa membuat dunia perfilman Indonesia semakin baik, ya Millens(IB09/E05)