Ganjar: Bekas Pabrik Gula Banjaratma Bakal Jadi Rest Area Terindah di Indonesia

Ganjar: Bekas Pabrik Gula Banjaratma Bakal Jadi Rest Area Terindah di Indonesia
Proses pembangunan rest area di bekas pabrik gula Banjaratma. (Jatengprov)

Bekas pabrik gula Banjaratma di Brebes bakal diubah menjadi rest area Tol Trans Jawa. Renovasi bekas pabrik gula itu rencananya bakal mempertahankan arsitektur khas kolonial Belanda sehingga dipastikan akan tetap terjaga keindahannya.

Inibaru.id – Bekas pabrik gula Banjaratma yang ada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, bakal dipermak menjadi rest area atau tempat istirahat dan pelayanan (TIP) di jalur Tol Trans Jawa. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut rest area ini nantinya akan menjadi yang paling indah di Indonesia.

Antaranews.com, Rabu (16/1/2019) menulis, saat ini bekas pabrik gula Banjaratma yang berlokasi di kilometer 260 B ruas tol Pejagan-Pemalang itu masih dalam proses pembangunan untuk dijadikan TIP.

“Bangunan ini masuk dalam cagar budaya. Kalau sudah jadi akan menjadi rest area paling indah secara arsitektur. Mirip dengan De Tjolomadoe yang kedua. Nant,i tempat ini nggak hanya jadi rest area, tapi juga bisa menjadi destinasi wisata,” jelas Ganjar.

Ganjar juga menyebut proses pembangunan rest area itu nggakk akan menghilangkan keaslian arsitektur khas kolonial Belanda. Selain itu, di bangunan bekas pabrik gula tersebut bakal tersedia berbagai macam produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) serta berbagai produk kuliner khas daerah.

Namun, Ganjar juga mengaku proses renovasi bangunan yang termasuk cagar budaya itu cukup sulit dilakukan karena harus mempertimbangkan nilai sejarah, nilai artistik, serta esensi awal dari bangunan tersebut.

Berdasarkan rencana, area dengan luas total 11 hektare ini akan menjadi rest area tipe A dengan fasilitas lengkap seperti SPBU, masjid, bengkel, parkir luas, dan klinik kesehatan. Selebar 5 hektare di antaranya juga bakal dihuni puluhan gerai.

“Nanti 70 persen produk UMKM dipasarkan di sini. Kita harap produk dari Brebes yang didahulukan. Jadi kalau dulu ada yang bilang lewat tol nggak bisa beli telur asin, sekarang harus bisa. Insya Allah sebelum Lebaran rest area ini sudah selesai,” terang Ganjar.

Wah, tampaknya bakal menarik nih kalau rest area itu sudah jad. Para pengguna jalan Tol bisa dengan mudah memborong oleh-oleh khas daerah terutama telur asin. Ha-ha. (IB09/E04)