Bek Timnas U-16 Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia

Bek Timnas U-16 Alfin Lestaluhu Meninggal Dunia
Alfin Lestaluhu. (Twitter.com/LdtSpezial_)

Bek Timnas U-16 Indonesia, Alfin Lestaluhu meninggal dunia karena ensefalitis atau peradangan otak. Alfin adalah salah satu korban gempa yang melanda Ambon sekitar satu bulan lalu.

Inibaru.id – Setelah lebih dari satu bulan mendapatkan perawatan medis akibat ensefalitis atau peradangan otak, bek Timnas Indonesia U-16 Alfin Lestaluhu mengembuskan napasnya yang terakhir pada Kamis (31/10/2019) malam.

Liputan6, Kamis (31/10) menulis, kabar ini disampaikan oleh Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) melalui akun media sosial resminya.

"Telah berpulang menghadap Sang Pencipta, Alfin Farhan Lestaluhu. Semoga amal ibadah dan segala kebaikan diterima Tuhan Yang Maha Esa," tilios PSSi di akun Instagramnya.

Sebelumya Alfin mengeluhkan sakit kepala kemudian dibawa ke rumah sakit yang ada di Ambon, Provinsi Maluku, pada Minggu (29/9). Kondisi pesepakbola kelahiran 2004 ini tak kunjung membaik sehingga PSSI memutuskan untuk membawanya ke Jakarta untuk dirawat di RS Royal Progress. Sayangnya, Alfin meninggal Kamis malam (31/10) pukul 22.11 WIB.

Salah satu kerabat dari Alfin yang juga mantan pesepak bola Timnas, Imran Nahumarury membenarkan kabar kematian pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut.  Dia juga menyebut Alfin sudah dibawa ke Tulehu pada Jumat (1/11) subuh.

“Rencananya subuh ini jenazah akan dibawa ke Tulehu untuk dimakamkan. Pihak keluarga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, termasuk PSSI yang telah membantu merawat Alfin selama ini,” ucap Imran.

Sebelumnya, Alfin juga menjadi salah satu korban dari gempa yang melanda Ambon, Maluku pada 26 September 2019 lalu. Bersama dengan keluarganya, Alfin mengungsi. Sejak saat itu, kondisi kesehatannya kemudian menurun, mengalami susah makan, hingga muntah-muntah. Meski sudah dirawat di rumah sakit termasuk di Jakarta, kondisinya tak kunjung membaik hingga tutup usia.

Alfin merupakan jebolan Sekolah Khusus Olahraga (SKO) Ragunan. Bakat alami dan kerja keras Alfin menarik perhatian pelatih Timnas U-16, Bima Sakti. Di Piala AFF U-16 2018, Alfin bahkan selalu dipilih Bima sebagai pengawal sisi kanan pertahanan Timnas junior.

Nama Alfin semakin dikenal publik saat tampil di babak kualifikasi Piala Asia U-16 2020. Penampilannya gemilangnya mebuat Timnas menang telak 4-0 atas Filipina dan menahan imbang Tiongkok 0-0. Prestasi ini membawa Timnas lolos ke ajang yang akan digelar di Bahrain, tahun depan.

Segenap Redaksi Inibaru.id turut berbela sungkawa atas meninggalnya Alfin Lestaluhu. Semoga amal ibadah Alfin diterima Yang Maha Kuasa ya, Millens! (IB09/E06)