Bejo Banget, Lelaki Ini Lolos Seleksi CPNS dalam Satu Kali Daftar

Bejo Banget, Lelaki Ini Lolos Seleksi CPNS dalam Satu Kali Daftar
Ilustrasi tes CPNS. (Ist via Ayopurwakarta)

Menembus tes CPNS memang nggak mudah. Terkadang harus mencoba berkali-kali. Tapi nggak begitu bagi lelaki yang satu ini. Dia lolos pada pengalaman pertamanya.

Inibaru.id - Demi meraih posisi sebagai CPNS, rasanya nggak aneh jika banyak pelamar yang mencoba peruntungan lebih dari sekali.

Beberapa diterima pada pendaftaran kedua, ketiga, dan seterusnya. Tapi nggak begitu bagi dosen Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo bernama Rio Kurniawan ini. Pengalamannya mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) bisa dibilang nggak biasa.

Gimana nggak, dia berhasil lolos pada pendaftarannya yang pertama. Wah, bejo alias beruntung banget ya.

Rio menjelaskan, dia mendaftar di formasi dosen Kemendikbud unit kerja Universitas Trunojoyo tersebut akhir 2019. Kemudian pada tahun 2020, dia mengikuti berbagai rangkaian tes.

"Saya pertama kali tes CPNS dan alhamdulillahnya langsung lulus," ucap dia.

Luar biasa bukan? Kamu penasaran nggak dengan persiapan Rio sebelum mengikuti tes hingga lolos? Yuk, simak siapa tahu bisa kamu tiru.

Banyak Latihan Soal

Perbanyak latihan soal ya. (Loker Pintar)
Perbanyak latihan soal ya. (Loker Pintar)

Saingan dalam memperebutkan formasi CPNS itu nggak sedikit. Jadi, kamu nggak seharusnya bersantuy ria. Mau nggak mau kamu harus latihan soal. Itulah yang dilakukan Rio. Dia memperbanyak latihan soal dari buku teks atau tes try out online dari sejumlah lembaga.

Tapi, bagi Rio yang paling efektif adalah melihat bahasan soal di YouTube. Ini dia lakukan sebulan sebelum pendaftaran sampai jadwal tes keluar.

Jawab Pertanyaan Sesuai Jenis Soal

Apapun soalnya, baik itu soal hapalan, perhitungan, atau nalar logika harus kamu jawab sesuai jenis soal.

"Jadi perbanyak juga hapalan terkait wawasan kebangsaan dan undang-undang, isu-isu terkini yang ada di tingkat nasional," tutur lulusan Magister Ilmu Komunikasi Universitas Padjadjaran (Unpad) ini menjelaskan.

Kalau soal perhitungan, dia menyarankan calon peserta tes CPNS rajin latihan dengan soal yang ada.bSedangkan soal nalar logika, kamu bisa melihat kesesuaian soal dengan pilihan jawaban.

"Banyak trik bahasannya di YouTube. Kalau sudah kuat persiapan di atas, perbanyaklah doa," kata dia.

Tes Tersulit

Kalau menurut Rio, bagian tersulit dari tes CPNS ialah Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Alasannya, sub tes SKB terbilang banyak, mulai dari interview, praktik mengajar, hingga soal bentuk CAT untuk kemampuan kebidangan, bahasa inggris, dan dimensi psikologi.

Ada juga Tes Karakteristik Pribadi (TKP) waktu SKD dan dimensi psikologi dan SKB.

"Terus karena Covid-19, ini pertama kalinya SKB digelar online. Jadi saat pengumuman ada yang hasil SKB tidak keluar sehingga harus tes ulang," ujar dia.

Meski melalui proses yang melelahkan, akhirnya Rio bisa bernapas lega karena lolos tes dan tinggal mengikuti pengangkatan.

Hm, kamu tertarik juga nggak ikutan tes CPNS berikutnya? Siapa tahu cuma butuh satu kali tes saja. (Kom/IB21/E07)