Beginilah yang Akan Terjadi Jika Media Sosial Hilang
Media sosial. (Shutterstock)

Beginilah yang Akan Terjadi Jika Media Sosial Hilang

Barangkali sekarang ini kamu merasa nggak bisa hidup tanpa mengakses media sosial milikmu. Tapi bgaimana jika tiba-tiba media sosial hilang?

Inibaru.id – Media sosial mungkin pada saat ini sudah menjadi bagian hidup semua orang. Mulai dari membatu dalam beraktivitas hingga adalam menambah pundi-pundi rupiah. Namun bagaimana jadinya jika sosial media lenyap?

Akan Terjadi Kepanikan Massal

Kepanikan tentu akan terjadi. Sebab selama ini sosial media sudah menjadi bagian hidup semua orang. Semua dilakukan di sana. Dengan adanya kehilangan yang mendadak itu, suasana chaos yang besar akan terjadi.

Kalau Hanya Medsos yang Hilang Manusia Masih Bisa Berinternet

Media sosial merujuk pada Social Networking Sites yakni jejaring yang saling menghungkan. Berarti jika medsos hilang manusia masih bisa mengakses kanal internet yang lain. Seperti Google, email, website, dan blog.

Akan Merasa Bosan

Sosial media selain digunakan untuk berhubungan dengan orang lian juga sudah menjadi sumber hiburan, nah, jika sosmed menghilang, maka kehidupan akan terasa hampa dan membosankan.

Kesulitan Berkomunikasi dengan Teman-teman

Sudah jelas kalau sosial media adalah sarana berkomunikasi. Teman yang jauh danbahkan nggak pernah bertemu bisa dijangkau hanya dengan sebuah aplikasi. Nah, jika sosmed hilang, manusia akan kesulitan berkomunikasi.

Kehilangan Tempat untuk Mengekspresikan Diri

Sudah bukan rahasia, manusia menjadikan media sosial sebagai etalase ekspresi. Kalau sudah nggak ada, orang akan kesulitan mengekspresikan diri seperti posting foto atau bikin Instasories.

Pemilik Brand dan Online Shop akan Sulit Promosi

Nah, ini yang akan paling kena. Pemilik online shop pasti akan keteteran dalam berdagang. Sebab selama ini media sosial adalah platform uatama dalam memamerkan produk kepada para pembeli.

Lapangan Kerja Semakin Sulit

Kehidupan akan kembali ke cara konvensional begitupula dalam lapangan kerja. Orang-orang sudah nggak lagi bisa mendulang rupiah melalui media sosial. Bisa bayangkan banyak selebgram nganggur?

Namun Semua Petaka Itu Nggak Bertahan Lama Kok

Meskipun bakal terjadi kekacauan yang besar, namun nggak lama kemudian pasti bakal stabil kembali kok. Kamu tentu masih ingat kalau orang pernah juga hidup tanpa semua itu.

Privasi Lebih Terlindungi

Setiap peristiwa ada hikmahnya, termasuk jika hilangnya sosial media ini. Selama ini privasi kita terlalu diumbar di sosial media, nah dengan ini, privasi akan lebih terjag karena ruang untuk mengekpos diri sudah terbatas.

Kesehatan Mental Terjaga

Sudah banyak penelitian yang mengatakan kalau sosial media membawa pengaruh buruk bagi kesehatan mental. Depresi, narsisme hingga ocial media anxiety disorders muncul semenjak masifnya sosial media. Dengan hilangnya sosial media, hal tersebut bisa tertanggulangi.

Jumlah Hoaks Menurun

Berita hoaks akan menurun seiring hilangnya sosial media. Sebab selama ini sosial media merupakan sumber terbesar berita hoaks. Para buzzer jadi nggak ada kerjaan deh. Ha ha

Manusia Tetap Baik-baik Saja

Ya, tentu hilangnya sosial media bukanlah kiamat. Manusia masih tetap akan hidup dan baik-baik saja. Lagipula di luar sana masih ada banyak hal yang lebih menarik untuk dijalani daripada meratapi hilangnya sosial media.

Jadi itu kemungkinan yang akan terjadi jika sosial media menghilang ya, Millens. Kamu sendiri akan bagaimana jika hidup tanpa sosial media? (IB28/E05)