Supaya Ringan di Bagasi, Begini Tips Bawa Barang Saat Naik Pesawat

Penumpang pesawat agaknya perlu memperhatikan lagi cara mengemas barang bawaan mengingat beberapa maskapai mencabut fasilitas bagasi gratis. Nah, supaya nggak mengeluarkan biaya banyak untuk bayar bagasi, coba lakukan hal-hal berikut.

Supaya Ringan di Bagasi, Begini Tips Bawa Barang Saat Naik Pesawat
Tips supaya nggak kelebihan bagasi pesawat. (Kabarnesia)

Inibaru.id – Mulai 8 Januari 2019, Lion Air dan Wings Air nggak lagi menggratiskan biaya bagasi pesawat. Kedua maskapai Lions Group itu hanya akan membebaskan bagasi dengan berat 7 kilogram bagi setiap penumpang. Keputusan ini juga dikabarkan bakal diikuti Citilink dalam jangka waktu dekat.

Dengan kebijakan baru itu, para pelancong yang menumpang pesawat harus memutar otak agar nggak kelebihan bagasi. Padahal, saat melancong, banyak barang yang perlu dibawa. Kalau harus membayar biaya bagasi tambahan yang nggak murah, bujet liburan pasti bakal membengkak.

Dalam kondisi seperti itu, memperhatikan ulang cara mengemas barang bawaan adalah salah satu cara yang bisa dilakukan. Hal-hal berikut bisa kamu lakukan untuk menyiasati jatah bagasi yang kecil, Millens. Yuk, simak tipsnya.

Pakai Koper yang Ringan

Hasil gambar untuk koper yang ringan

Menggunakan koper berbahan ringan saat melancong. (Pinkkorset)

Jangan mudah tergiur merek atau desain koper yang terlihat keren. Ada baiknya kamu memilih bobot koper yang ringan agar bisa menurunkan bobot bagasi saat naik pesawat. Namun, kamu juga harus memastikan koper yang ringan ini cukup kuat untuk memuat barang bawaanmu.

Bawa Tas Jinjing yang Besar

Hasil gambar untuk orang bawa tas ransel

Membawa tas jinjing untuk menempatkan barang yang ringan. (Nsmbl)

Selain memilih koper yang ringan, kamu juga bisa membawa barang-barang yang ringan di dalam tas jinjing yang bisa dibawa dalam kabin pesawat. Hal ini tentu akan membantumu untuk mencegah kemungkinan bobot bagasi melebihi batas seperti yang ditulis Liputan6.com (3/3/2017).

Memakai Rompi dengan Banyak Saku

Gambar terkait

Rompi dengan banyak saku. (AliExpress)

Jika perlu, kamu bisa memakai rompi yang memiliki banyak saku saat naik pesawat. Dalam rompi itu, kamu bisa mengantongi kamera poket, paspor, dompet, dan berbagai barang-barang ringan lainnya yang tentu akan membantu menurunkan bobot koper yang kamu bawa.

Bawa Pakaian yang Tepat

Hasil gambar untuk packing

Bawalah pakaian yang tepat saat berlibur. (Bucketlistbuddy)

Jika kamu berencana mengunjungi pantai atau melancong saat musim panas, ada baiknya nggak membawa baju tebal terlalu banyak. Kamu juga bisa menyiasati hal ini dengan membawa pakaian yang mudah disetel dengan pakaian lain sehingga nggak terlalu membawa banyak baju.

Bawa Perlengkapan Mandi yang Ringkas

Hasil gambar untuk packing alat mandi

Bawa peralatan mandi yang travel size. (Pegipegi)

Jika kamu hanya pergi selama beberapa hari, ada baiknya membawa peralatan mandi dalam bentuk yang kecil dan ringkas seperti sampo saset atau sabun dengan kemasan kecil. Kamu juga bisa menerapkan tips yang sama untuk membaa kosmetik.

Oleh-Oleh Nggak Harus Dibawa Sendiri

Hasil gambar untuk memaketkan barang

Memaketkan oleh-oleh. (Atd express)

Permasalahan utama saat pulang dari tempat wisata adalah oleh-oleh yang terlalu banyak. Nggak jarang, oleh-oleh itu memenuhi jatah bagasimu. Supaya menanggung biaya kelebihan bagasi terlalu banyak, kamu bisa mengirimkan oleh-oleh melalui jasa pengiriman barang. Namun, kamu perlu mempertimbangkan biaya pengiriman barang ya, Millens.

Pastikan Baju dalam Kondisi Kering

Hasil gambar untuk menjemur pakaian dibawah sinar matahari

Membawa baju kering. (Pinterest/@legitworkathome)

Baju yang basah akan memberatkan koper. Jika kamu bermain di pantai atau kolam renang, sebaiknya segera cuci dan keringkan pakaian yang dikenakan saat bermain air. Pakaian yang kering bisa meringankan berat koper.

Pastikan untuk tidak membawa barang terlalu banyak saat traveling, ya Millens. Kalau sampai kelebihan bagasi, bayarnya cukup mahal lo. (IB09/E04)