Begini Seharusnya Jika Istri Dipukul Suami Seperti di Ceramah Oki Setiana Dewi

Begini Seharusnya Jika Istri Dipukul Suami Seperti di Ceramah Oki Setiana Dewi
Ceramah Oki Setiana Dewi soal istri dipukul suami mendapatkan kritik dari banyak pihak. (IG/@okisetianadewi

Cerita di ceramah Oki Setiana Dewi soal istri dipukul suami namun sang istri memilih untuk menutupi 'aib suami' ini viral di media sosial. Kritik pun berdatangan dari berbagai pihak, khususnya yang menyebut KDRT harus dihentikan.

Inibaru.id – Lagi-lagi selebritas Oki Setiana Dewi jadi sorotan publik. Hal ini disebabkan oleh ceramahnya yang cukup kontroversial karena adanya isu membiarkan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Bagaimana nggak, meski istri dipukul suami, Oki menyebut istri sebaiknya menutupi aib tersebut.

Dalam potongan video ceramah yang viral sejak Rabu (2/2/2022) lalu, Oki menceritakan soal kisah suami istri yang sedang bertengkar di Jeddah, Arab Saudi. Saking panasnya pertengkaran, suami memukul istri hingga sang istri menangis dan matanya sembab. Nah, tiba-tiba, pintu bel berbunyi dan ternyata ibu dari sang istri datang.

Saat ibu dari sang istri bertanya mengapa anaknya menangis, bukannya menceritakan KDRT yang dilakukan suaminya, dia justru memilih untuk menutupinya dan mengaku kangen dengan orang tuanya. Menurut Oki, hal ini justru membuat sang suami luluh dan akhirnya semakin sayang dengan istrinya.

Isi ceramah ini pun langsung mendapatkan kritik dari berbagai pihak. Salah satunya adalah tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Nadirsyah Hosen atau yang kerap dikenal sebagai Gus Nadir. Beda dengan Oki, dia menyebut apapun alasannya, suami yang memukul istri adalah tindakan KDRT yang nggak bisa dibiarkan begitu saja.

“Kasih tahu sama sang ustadzah, kalau suami mukul istri itu sebenarnya bukan aib yang harus ditutupi oleh istri, itu KDRT, harus lapor polisi” ungkap Gus Nadir di akun Twitternya @na_dirs.

Bukannya jadi aib suami yang harus ditutupi, KDRT harus dihentikan. (Metrotvnews)
Bukannya jadi aib suami yang harus ditutupi, KDRT harus dihentikan. (Metrotvnews)

Gus Nadir juga menunjukkan ketidaksukaannya terhadap ceramah-ceramah seperti ini. Baginya, hal ini justru membuat istri seperti harus tunduk dan menerima kelakuan suami yang brengsek.

Istrimu bukan sasak tinju,” lanjut Gus Nadir.

Yang Harus Dilakukan Jika Suami Pukul Istri atau Melakukan KDRT Lainnya

Berdasarkan informasi dari Mayo Clinic pada Kamis, (3/2/2022), jika sampai suami melakukan KDRT, baik itu memukul, menendang, mencekik, menampar, dan melakukan tindakan menyakiti lainnya, maka istri nggak boleh diam saja. Kenali polanya agar bisa memberikan perlindungan diri seperti harus menghindar atau menangkis.

Jika kelakuannya semakin sulit dikendalikan, apalagi kekerasan ini sudah berkali-kali terjadi, sebaiknya istri harus meminta bantuan atau perlindungan dari orang terdekat. Orang tua atau anggota keluarga lain bisa menjadi orang-orang yang dipertimbangkan. Biasanya, keluarga akan memberikan dukungan atau perlindungan jika hal ini terjadi.

Pastikan untuk memutus siklus KDRT ini. Bisa saja dengan membuat suami berjanji nggak akan melakukan KDRT lagi dan jika melakukannya, bakal ada sanksi dari keluarga, atau bahkan dengan melaporkannya ke polisi.

Ingat, KDRT bisa memberikan dampak yang luar biasa bagi korban, baik itu fisik atau mental. Jadi, ini bukanlah ‘aib suami’ yang harus ditutupi sebagaimana di ceramah Oki Setiana Dewi, melainkan kekerasan yang harus dihentikan, Millens. (Sua,Voi/IB09/E05)