Begini Ritual Orang Jawa Hilangkan Sial Akibat Kejatuhan Cicak

Begini Ritual Orang Jawa Hilangkan Sial Akibat Kejatuhan Cicak
Kejatuhan cicak dipercaya bawa sial. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Bagi masyarakat Jawa, kejatuhan cicak dapat menjadi pertanda akan ketiban apes. Untuk menangkal hal-hal yang nggak diinginkan, ada sebuah ritual yang biasa dilakukan.

Inibaru.id – Banyak yang percaya bahwa kejatuhan cicak menjadi pertanda buruk. Hewan yang satu ini dikenal dalam berbagai kepercayaan dapat memancarkan energi negatif bagi manusia. Dalam primbon, kejatuhan cicak adalah pertanda akan terjadi kesialan.

Mitos yang terus diwariskan turun temurun ini bahkan menjadi berbagai pertanda buruk. Salah satunya jika tubuh dijatuhi cicak, diyakini akan terjadi hal buruk hingga meninggalnya orang-orang tersayang.

Selain itu, cicak sering digunakan oleh paranormal untuk mengirim santet dan penyakit. Ya, orang yang kejatuhan cicak kesehatannya akan menurun begitu saja. Bahkan, kejatuhan cicak di bagian kaki atau paha biasanya dihubungkan dengan memburuknya finansial dan rencana hidup.

Ilustrasi ruwatan. (Antara Foto)
Ilustrasi ruwatan. (Antara Foto)

Untuk menangkal sial, ada ritual yang bisa dilakukan untuk membuang sial akibat kejatuhan cicak ini lo, Millens! nah ritual buang sial tersebut disebut ruwatan. Ruwatan merupakan sebuah ritual yang lazim dilakukan untuk membuang sial.

Ruwatan berasal dari kata ruwat yang berarti lepas. Ritual ini bertujuan melepaskan sial atau menghindari nasib buruk. Karena ruwatan bersifat sakral,  pelaksanaannya dilakukan oleh tetua adat atau sosok guru yang memiliki keahlian khusus di bidang ini.

Namun kejatuhan cicak di beberpaa bagian tubuh dianggap sebegai pertanda keberuntungan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)
Namun kejatuhan cicak di beberpaa bagian tubuh dianggap sebegai pertanda keberuntungan. (Inibaru.id/ Triawanda Tirta Aditya)

Eh, ruwatan biasanya diadakan untuk tujuan lain seperti menetralisasi energi negatif, penawar pengaruh gaib, membuka kunci keberuntungan, hingga mendatangkan kemudahan dalam berbagai urusan. 

Tapi ternyata, kejatuhan cicak nggak selalu bermakna buruk lo. Ada yang percaya semua itu tergantung si cicak jatuhnya di bagian apa. Misalnya, cicak jatuh pada tangan seseorang, konon orang tersebut akan mendapat pekerjaan baru dan keuangan lancar.

Jika cicak nemplok di pantat, dipercaya orang tersebut akan mendapat teman baru, rezeki melimpah, serta performa kerja yang meningkat. Kalau kamu percaya cicak jadi pertanda baik apa buruk nih, Millens? (Por/IB27/E05)