Begini Gaya Nyentrik Presiden Jokowi Saat “Touring”

Tak sekadar touring, Jokowi juga menyempatkan diri untuk meninjau program padat karya di Sukabumi.

Begini Gaya Nyentrik Presiden Jokowi Saat “Touring”
Jokowi saat mengendarai sepeda motor Chopper miliknya. (Biro Pres. Setpres)

Inibaru.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan touring dengan sepeda motor Chopper Royal Enfield Bullet 350 cc miliknya. Tak sekadar touring, Jokowi juga meninjau program padat karya yang dilakukan di Desa Citarik, Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (8/4).

Kompas.com menulis, Jokowi membeli sepeda motor Chopper ini dari Elders Garage. Saat baru saja mendapatkan sepeda motor tersebut, Jokowi berkata ingin menggunakannya untuk touring di Kalimantan. Namun, karena berbagai kendala, Jokowi baru bisa merealisasikannya di wilayah Sukabumi.

Perjalanan touring Jokowi dan rekan-rekan bikers diawali dari kantor Kecamatan Bantar Gadung dan berakhir di Pesanggrahan Tenjo, Pantai Pelabuhan Ratu. Total, Jokowi menempuh jarak sekitar 30 km.

Tak hanya touring, Jokowi juga memakai perlengkapan khas bikers. Dia memakai helm half face berwarna hitam, memakai jaket denim berwarna biru muda dengan gambar peta Indonesia di bagian depan, dan sepatu sneakers khas anak muda. Jokowi juga memakai celana panjang dan sarung tangan half-finger.

Saat melakukan touring, Jokowi tidak sendiri. Selain ditemani puluhan bikers lainnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimulyono, Menteri Perhubungan Budi Karya, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko juga ikut serta.

Saat ditanya tentang pengalaman touring dengan sepeda motor berharga Rp 140 juta di Sukabumi ini, Jokowi mengaku puas.

“Senang lah yang jelas. Jalannya juga sangat berkelok-kelok dan ingin sekaligus mengenalkan Pelabuhan Ratu ke masyarakat,” ucapnya.

Perjalanan dengan sepeda motor bukanlah yang kali pertama dilakukan Jokowi. Sebelumnya, Jokowi juga telah melakukan touring saat meninjau jalan di Papua. Dengan menggunakan motor trail, Jokowi saat itu menempuh jarak sekitar 10 km. Saat menjadi walikota Solo, Jokowi juga dikenal sering naik sepeda motor kemana-mana.

Kalau menurut Millens, penampilan Jokowi sudah persis seperti bikers sungguhan belum? (IB09/E01)