Begini Fakta Kematian Haringga Sirla, Suporter Persija yang Dikeroyok di Bandung

Begini Fakta Kematian Haringga Sirla, Suporter Persija yang Dikeroyok di Bandung
Kematiah Haringga Sirla menambah panjang daftar suporter yang meninggal akibat kerusuhan di Indonesia (Viva.co.id/M Ali Wafa)

Haringga Sirla datang dari Jakarta ke Bandung untuk menonton pertandingan antara Persija dan Persib di Gelora Bandung Lautan Api, Bandung. Namun, sebelum pertandingan dimulai, Haringga tewas dikeroyok pendukung Persib di luar stadion.

Inibaru.id – Pertandingan sepak bola Liga 1 Indonesia antara Persib melawan Persija yang dikenal panas kembali memakan korban. Suporter Persija Jakarta Haringga Sirla, tewas mengenaskan setelah dikeroyok sejumlah suporter Persib di kawasan parkir utara Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Bandung pada Minggu (23/9/2018).

Video pengeroyokan yang dialami Haringga pun viral di media sosial sekaligus mendapatkan kecaman dari pelbagai pihak. Berikut beberapa fakta mengenai kematian pria asal Cengkareng yang baru berusia 23 tahun ini.

Dibunuh Sebelum Pertandingan Dimulai

 

Ilustrasi pengeroyokan. (Garudanews.id)

Haringga datang seorang diri dari Jakarta untuk menonton tim kesayangannya Persija menjalani pertandingan di GBLA, Bandung. Sayang, saat baru memasuki area parkir utara stadion, beberapa suporter Persib mengetahui dirinya berasal dari Jakarta tatkala Haringga akan memotret stiker bertuliskan "Jakartans". Setelah itu, Haringga langsung dikeroyok begitu saja.

Mengunggah Rencana Kedatangannya ke Bandung di Media Sosial

Unggahan Haringga di Twitter pribadinya. (Twitter.com/@ABCDEFGHIJKEPEN)

Kedatangan Haringga ke Bandung cukup disayangkan karena sebelumnya pihak klub dan legenda Persija Bambang Pamungkas sudah mengimbau suporter Persija untuk tidak datang ke Bandung demi mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Sebelum bertandang ke Bandung, Haringga sempat mengunggah foto tiket kereta apinya di akun Twitter pribadinya @ABCDEFGHIJHKEPEN dengan tulisan yang menunjukkan dirinya memang akan menonton Persija bertanding di GBLA. Disinyalir, unggahan ini diketahui pendukung Persib sehingga keberadaannya dicari di stadion.

Haringga Tewas karena Diserang dengan Benda Tajam dan Benda Tumpul

Ilustrasi penyerangan dengan benda tajam dan tumpul. (Kabar.news)

Dari video yang viral di media sosial, terlihat jelas Haringga nggak hanya dihajar dengan tangan kosong atau ditendang. Haringga juga dipukul dengan benda tajam dan benda tumpul seperti kayu. Meski sempat dilarikan ke RS Polri Sartika Asih Bandung, nyawa korban sudah nggak tertolong.

10 Orang Ditangkap atas Kasus Pengeroyokan Ini

Sepuluh orang ditangkap polisi terkais kasus pengeroyokan ini. (Celebesnews.id)

Kasatreskrim Polrestabes Bandung AKBP Yoris Maulana menyebut sudah ada 10 orang yang ditangkap karena dianggap terkait dengan kasus ini. Lima di antaranya sudah mengaku terlibat.

Selain itu, polisi juga sedang memeriksa delapan saksi untuk mengetahui fakta lebih lanjut tentang kasus pengeroyokan ini.

  1. Ucapan Duka dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Kedua Klub

Ucapan bela sungkawa dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. (Instagram/@Ridwankamil)

Kematian Haringga memicu reaksi yang beragam dari pelbagai pihak termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Lelaki yang kerap disapa Emil ini mengaku kecewa kepada Bobotoh, sebutan untuk pendukung Persib Bandung.

Dia juga mengucapkan rasa duka cita atas meninggalnya Haringga di akun Instagram pribadinya. Ungkapan duka juga diunggah akun Twitter resmi milik klub Persib dan Persija.

Fanatik kepada klub kesayangan boleh-boleh saja, Millens. Namun, jangan sampai hal ini juga dijadikan pembenaran untuk menganiaya atau membunuh orang lain ya. Ingat, nggak ada pertandingan yang sebanding dengan nyawa! (IB09/E04)