Kronologi, Sebab, dan Dampak Tsunami di Palu
Pasien di yang dirawat di depan IGD Undata Palu. (Twitter.com/Sutopo_PN)

Kronologi, Sebab, dan Dampak Tsunami di Palu

Gempa berkekuatan 7,7 SR yang mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah pada Jumat (28/9/2018) mengakibatkan tsunami di Palu, Sulawesi Tengah. Akibat gempa dan tsunami itu, aktivitas masyarakat di dua kabupaten tersebut lumpuh.

Inibaru.id – Indonesia kembal ditimpa musibah. Pada Jumat (28/9/2018) sekitar pukul 17.02 WIB, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah diguncang gempa berkekuatan 7,7 SR. Gempa yang dirasakan sebagian besar masyarakat Sulawesi Tengah itu memicu tsunami yang menerjang ibu kota provinsi Palu.

Sesaat setelah gempa pertama, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memang sempat mengeluarkan peringatan tsunami. Berselang sekitar setengah jam setelahnya peringatan tersebut dinyatakan berakhir. Namun, jagat maya kembali dihebohkan dengan video amatir yang menunjukkan tsunami menerjang Palu dan Donggala.

Kepala Pusat Gempa dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono pun membenarkan kabar tersebut.

“Kami belum mendapatkan data konkret, tapi sepertinya tingginya mencapai 1,5 hingga 2 meter,” ucap Rahmat Kompas.com, Jumat (28/9).

Berdasarkan informasi BMKG, gempa pertama di hari Jumat (28/8) terjadi pukul 13.59 WIB dengan kekuatan 5,9 SR dengan pusat gempa berada di darat, tepatnya di 61 km sebelah utara Palu dengan kedalaman 10 km. Setelah itu, beberapa gempa susulan terjadi, termasuk yang bermagnitudo 7,7 SR pada pukul 18.02 WITA yang berpusat di kedalaman 10 km dengan lokasi 27 km sebelah timur laut Donggala.

Sementara itu, hingga kini jumlah korban jiwa masih terus didata. Berdasarkan data Badan Nasional Penangulangan bencana (BNPB), setidaknya ada 48 orang tewas, 356 luka, dan ribuan bangunan rusak. Jumlah ini kemungkinan masih bisa terus bertambah karena upaya pencarian korban masih terus dilakukan seperti yang ditulis Bbc.com, Sabtu (29/9).

Rentetan gempa dan tsunami yang menimpa Palu dan Donggala ini merupakan akibat dari aktivitas sesar mendatar Palu-Koru.

Semoga para korban bisa segera dievakuasi dan dipulihkan ya, Millens. Inibaru.id turut berbela sungkawa atas musibah ini. (IB09/E04)