Ingin Bukumu Tetap Awet? Rawat dengan Cara Sederhana Ini

Ingin Bukumu Tetap Awet? Rawat dengan Cara Sederhana Ini
Ilustrasi merawat buku dengan menyimpannya di dalam rak. (Northmallow)

Punya buku fisik memang mesti ekstra dalam merawatnya, terlebih bila buku itu sering dibaca. Nah, supaya awet dan terjaga, begini cara merawat buku.

Inibaru.id – Orang yang punya hobi membaca buku biasanya punya banyak buku fisik di rumahnya. Memang sih saat ini sudah ada buku elektronik, tapi pencinta buku fisik masih banyak. Ada sensasi tersendiri saat membaca buku fisik, seperti sentuhan tangan saat membalikkan halaman atau aroma khas dari setiap buku yang dibaca.

Namun, punya buku fisik berarti mesti siap dengan risiko seperti sobek dan buku kotor. Nah, supaya awet bentuknya, buku perlu dirawat dengan cara-cara khusus. Nggak sulit kok, begini caranya.

Pastikan Tangan dalam Keadaan Bersih Saat Membuka

Hal paling mendasar untuk merawat buku yakni menyentuh buku dengan kondisi tangan bersih. Kamu tentu nggak mau halaman di dalam buku terkena noda debu, basah, atau malah terkena minyak bekas menyentuh makanan, kan? Nah, pastikan tanganmu selalu bersih sebelum menyentuh buku ya, Millens.

Menyampuli Buku

Kedua, kamu bisa memberikan sampul buku bening untuk setiap buku yang kamu miliki. Supaya buku tetap awet seperti baru, biasakan untuk memberikan sampul selepas membuka segel. Dengan begini, bukumu akan terlihat baru terus.

Menyimpan Buku dalam Keadaan Berdiri

Kamu dianjurkan untuk menyimpan buku-buku di dalam rak. Dalam hal penyimpanan, susun buku secara tegak atau berdiri supaya lebih rapi dan mudah untuk disusun kembali. Kamu bisa mengkreasikan susunan dengan mengelompokkan sesuai dengan jenis dan kategori masing-masing buku.   

Jangan Menekuk atau Melipat Halaman Buku

Salah satu cara mudah menjaga kualitas buku adalah dengan nggak menekuk bagian halaman buku. Bekas lipatan akan merusak halaman buku yang awalnya lurus. Nah, kalau pengin menandai halaman buku, kamu bisa menggunakan penanda kertas.

Tambahkan Silica Gel

Jika bukumu disimpan dalam lemari tertutup, ada baiknya tambahkan silica gel atau kapur barus di dalam lemari. Penambahan silica gel bertujuan untuk menyerap air yang dibawa udara serta mengurangi kelembapan dalam lemari. Selain itu, jangan lupa untuk mengganti silica gel atau kapur barus secara berkala ya, Millens.

Nah, itulah beberapa cara sederhana merawat buku supaya tetap awet. Jangan cuma dibaca lalu ditinggal begitu saja, rawat bukumu dengan benar ya! (IB07/E04)