Begini Cara Rayakan Lebaran Ala Muslim di Kanada

Begini Cara Rayakan Lebaran Ala Muslim di Kanada
Umat muslim di Kanada. (30masjids.ca)

Setiap negara memiliki tradisi tersendiri saat Lebaran tiba termasuk di Kanada, AS. Nah, begini suasana Lebaran di Kanada.

Inibaru.id – Meski bukan negara dengan jumlah pemeluk Islam yang banyak, Kanada tetap merayakan Idul Fitri, lo. Mereka menggelar slat Id dan doa bersama saat Lebaran. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa tradisi unik yang dilakukan ketika Idul Fitri.

Bila di Indonesia Lebaran identik dengan bagi-bagi angpau, di Kanada beda lagi. Di negara yang terletak di bagian utara Benua Amerika Serikat ini ada tradisi berbagi permen. Muslim di Kanada biasanya akan mengunjungi rumah-rumah tetangga saat Lebaran. Nah, saat berkunjung itulah anak-anak akan menerima uang atau hadiah berupa permen dari tuan rumah. Mereka juga disuguhi beragam makanan yang dihidangkan di meja.

Permen banyak disajikan di rumah-rumah warga. (Tadst.com)

Sama dengan Indonesia, mereka mengawali Hari Kemenangan itu dengn melakukan salat Id. Di Kanada, salat Id dilaksanakan di kota-kota besar seperti Montreal, Toronto, Calgary, Vancouver, dan Ottawa. Selepas salat Id, sebagian ada yang mengunjungi rumah tetangganya, ada juga yang menghabiskan waktunya dengan berkumpul di masjid untuk memberikan santunan berupa uang dan makanan pada orang-orang yang kurang mampu. Doa bersama pun dilakukan di taman-taman terbuka.

Saat Lebaran, warga Kanada juga menghias rumahnya dengan pernak-pernik Lebaran. Nggak sedikit toko-toko di sekitar Ontario yang menjual kebutuhan tersebut. Pernak-pernik ini berupa kartu lebaran, gantungan kunci, kerajinan tangan, mug, hingga sabun organik.

Selain menghias rumah dengan pernak-pernik Lebaran, warga bersama komunitas Muslim setempat biasanya menggelar berbagai acara seusai salat Id seperti karnaval, pertunjukan, dan pasar murah multikultural. Perayaan tersebut konon bisa menarik puluhan ribu wisatawan untuk mengunjungi Kanada.

Oh iya, muslim di Kanada biasanya libur selama tiga hari untuk merayakan Idul Fitri, Millens. Lebih singkat dibanding Indonesia ya.

Minoritas

Menurut survei yang dilakukan Departemen Dalam Negeri Kanada, setidaknya ada sekitar 1 juta atau 3,2 persen penganut Islam di Kanada. Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau mengungkapkan keberadaan Muslim di negara tersebut adalah bagian dari keberagaman budaya. Dirinya juga menuturkan kontribusi umat Muslim untuk menjadi sumber kekuatan dan kebanggaan Kanada adalah kontribusi yang nggak ternilai.

Selamat Idul Fitri bagi umat Islam di Kanada dan belahan dunia lainnya. (IB15/E04)