Lupakan Mudik, Begini Cara Kamu Bisa Nyoblos Pilpres di Perantauan

Lupakan Mudik, Begini Cara Kamu Bisa <em>Nyoblos</em> Pilpres di Perantauan
Ilustrasi pemilu. (riau.go.id)

Para perantau nggak harus pulang ke kampung halaman demi nyoblos di Pemilu 2019 nanti. Hanya saja, kamu harus mengurus beberapa hal ini agar bisa menggunakan hak pilihmu di TPS dekat lokasi rantau. Nggak ribet dan bisa diwakilkan keluarga.

Inibaru.id – Nggak perlu harus jauh-jauh pulang ke kampung halaman, para perantau tetap bisa mencoblos saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 nanti. Pasalnya kamu bisa lo menggunakan hak pemilumu di daerah rantauanmu tuh. Hal ini sudah dipastikan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Idntimes, Kamis (7/2/2019) menulis, ada beberapa hal yang harus diperhatikan anak rantau agar bisa tetap memilih saat pemilu nanti. Apa sajakah hal-hal tersebut?

  1. Mengurus formulir A5

Komisioner KPU Wahyu Setiawan menyebut para perantau harus mengurus formulir A5 yang disediakan oleh KPU. Para perantau juga harus tahu TPS mana yang paling dekat dengan tempat tinggalnya sebelum mengurus formulir A5 sehingga bisa mendapatkan formulir yang tepat.

“Kalau soal kapan mulai bisa mengurus formulir ini, sedang kita wacanakan mulai H-60 sebelum pemilu,” jelas Wahyu.

  1. Formulir belum bisa diurus secara daring

Sayangnya, hingga saat ini proses pengurusan formulir A5 belum bisa dilakukan secara daring. Tapi, KPU menyebut para perantau nggak perlu harus pulang ke kota asal demi mengurusnya.

“Yang ngurus kan bisa keluarganya, nggak perlu harus pulang. Tapi hingga saat ini belum bisa diurus secara daring. Siapkan saja data seperti nama, NIK, TPS asal, serta TPS tujuan di tempat perantauan,” lanjut Wahyu.

  1. KPU menyediakan formulir ini

KPU juga menyediakan formulir A5 bagi mereka yang mau mengurusnya agar bisa tetap mengikuti pemilu di perantauan.

“Kami tahu mobilitas masyarakat tidak bisa diikuti oleh mobilitas surat suara, jadi kami berusaha menjamin ketersediaan formulir ini di KPU,” ucap Wahyu.

  1. Jangan ragu untuk bertanya ke petugas KPU

Mengingat banyak orang yang bingung dengan TPS asal atau TPS tujuan yang bisa melayani pemilih dengan formulir A5, Wahyu menyarankan para perantau untuk bertanya kepada petugas KPU.

“Tanya ke petugas karena mereka pasti sudah memegang daftar pemilih. Bisa juga ditanyakan TPS terdekat dengan tempat merantau agar tujuannya tepat,” pungkasnya.

Nggak ribet kan, Millens? Jadi meski pemilu jatuh di antara hari kerja, kamu tetap bisa mencoblos. (IB09/E05)