Begini Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat

Begini Cara Merawat Kuku Agar Sehat dan Kuat
Memotong kuku termasuk cara merawat kuku. (Yousense)

Bagi sebagian orang, kuku dijadikan objek untuk berekspresi misalnya dengan memanjangkan atau menghias kuku dengan cat. Namun, sudahkah kamu merawatnya?

Inibaru.id – Sebagai bagian tubuh yang selalu terlihat, nggak sedikit orang terutama kaum hawa yang menghias kukunya agar terlihat lebih menarik. Bahkan tren menghias kuku kini sering dianggap sebagai bagian dari fesyen. Hal itu sah-sah saja tapi perlu diperhatikan juga kesehatan kukumu.

 Jangan sampai kukumu menjadi mudah patah apalagi berwarna kekuningan karena nggak dirawat. Alih-alih cantik, kukumu malah terkesan jorok.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar kukumu tetap sehat, kuat, dan terhindar dari infeksi. Salah satunya adalah menjaga kuku agar tetap bersih dan kering. Berbagai masalah pada kuku biasanya berawal dari kuman dan bakteri. Baik kuman maupun bakteri berkembang biak di kuku yang kotor dan basah. Keringkan juga balik kukumu setelah kering. Pastikan juga kulit di sekitar kuku terawat, bersih, dan bebas dari kotoran.

Selain itu, hindari kebiasaan menggigit kuku. Kebiasaan ini dapat mengganggu kinerja salah satu lapisan kuku. Bila kerja matrik terganggu, ada kemungkinan munculnya kuku bias di dalam daging.

Hindari juga meggunakan penghilang cat kuku yang mengandung aseton atau formalin. Aseton dapat membuat kuku menjadi kering dan rapuh.

Hal lain yang perlu dilakukan adalah dengan mengoleskan pelembap pada kuku dan kutikula setiap hari. Pelembab yang dimaksud bukanlah pelembab khusus kuku melainkan untuk sekitar kuku dan kutikula.

Merawat kulit di sekitar kuku sama pentingnya dengan merawat kuku. Apabila kulit di sekitarnya kering dan mengelupas, kuku pun bisa rusak.

Oh iya, jangan lupa potong kuku secara teratur. Jika memilih untuk memanjangkan kuku, kamu tetap harus melakukan perawatan dengan memotongnya sedikit di bagian ujung. Dianjurkan memotong kuku secara lurus.

Nggak hanya melakukan perawatan dari luar, nutrisi dalam tubuh juga harus diperhatikan. Kesehatan kuku sangat tergantung dari apa yang kamu makan. Untuk memelihara kuku dari dalam, kamu wajib mengonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin D, vitamin E, zat besi, kalsium, magnesium, dan zink. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh ya, Millens. Kekurangan cairan juga bisa mengakibatkan kuku menjadi kering, kusam dan rapuh.

Jadi, selalu jaga kesehatan kukumu ya agar terhindar dari penyakit. (MG23/E04)