Begini Cara Merawat Kaki Agar Cantik dan Sehat

Begini Cara Merawat Kaki Agar Cantik dan Sehat
Ilustrasi rendam kaki. (Shutterstock.com)

Merawat kaki juga menjadi hal penting untuk menjaga kesehatan lo. Mulai dari kuku hingga kulit, gimana sih cara merawatnya?

Inibaru.id – Kaki merupakan salah satu bagian tubuh yang penting banget untuk diperhatikan. Sayangnya, masih banyak orang yang abai dengan kondisi kaki. Padahal kaki yang bersih akan mempengaruhi kesehatan dan penampilan juga lo.

Bagi perempuan, kaki yang lembut, bersih dan nggak bau penting untuk menunjang penampilan. Gimana sih cara mendapatkan kaki idaman tersebut?

Rajin Potong Kuku Kaki

Ilustrasi memotong kuku kaki. (mommyasia.id)

Jika jarang dipotong, kuku jari kaki bisa menjadi sarang kuman. Selain itu, kuku kaki yang jarang dipotong juga bikin nggak nyaman dan nggak sedap dipandang. Jadi potonglah kuku kakimu setiap seminggu sekali. Pastikan kamu memotongnya dengan hati-hati dan nggak terlalu dalam ya.

Rendam Kaki

 

Ilustrasi rendam kaki. (Shutterstock.com)

Merendam kaki dengan air hangat bisa mengatasi kaki kering lo, Millens! Caranya, rendam kaki dalam baskom yang berisi air hangat. Kamu bisa mencampurkan minyak zaitun atau minyak esensial. Rendamlah kaki selama 10-15 menit untuk menghindari kaki menjadi keriput. Lakukan hal ini rutin 2-3 kali seminggu ya.

Scrub Kaki

Ilustrasi scrub kaki. (Shutterstock.com)

Jika ada waktu luang, ada baiknya kamu eksfoliasi kakimu supaya jadi mulus. Caranya, setelah merendam kaki, kamu bisa menggunakan body scrub atau facial scrub. Kalau kamu pengin berhemat, kamu bisa menggunakan scrub dengan bahan campuran kopi, gula, dan madu. Lakukan scrub kaki dengan lembut dan merata untuk hasil yang maksimal.

Memakai Pelembap Kaki

 

Ilustrasi memakai pelembap kaki. (healthcuretips.com)

Impian memiliki kaki yang lembut bisa kamu dapatkan dengan rajin memakai pelembap kaki. Kamu bisa menggunakan foot cream atau minyak alami, seperti minyak zaitun atau minyak almond. Setelah memakai krim, urut kakimu dengan lembut selama beberapa menit agar cairannya meresap ke dalam kulit. Dengan memakai krim secara rutin, kamu akan mendapatkan kulit kaki yang halus.

Pakai Kaus Kaki yang Tepat

 

Ilustrasi memakai kaos kaki. (pusatkonveksi.com)

Kebiasaan memakai kaus kaki sebelum memakai sepatu akan mengurangi dampak bau akibat sepatu yang lembap. Bahan kaos kaki yang bagus adalah yang dapat meresap keringat kaki. Gunakan bahan kaos kaki yang tepat dan sesuai dengan ukuran kakimu ya.

Gunakan Sepatu yang Pas dan Nyaman Untuk Kaki

 

Ilustrasi memakai sepatu. (Merdeka.com)

Sepatu yang pas dengan ukuran kaki akan membuat kakimu jadi lebih nyaman, Millens! Memakai sepatu kekecilan dapat menyebabkan kakimu lecet. Kamu tentu nggak mau mengalami itu kan? Nah, sepatu baru juga perlu adaptasi lo, Millens. Lebih baik jangan memakai sepatu baru selama beberapa hari berturut-turut.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk merawat kakimu supaya cantik dan sehat. Selamat mencoba! (IB07/E06)