Menghadapi Orang yang Mengamuk, Ini Saran Psikolog

Menghadapi Orang yang Mengamuk, Ini Saran Psikolog
Amukan Adi Saputra setelah ditilang oleh Polisi. (Instagram)

Bagaimana sebaiknya menghadapi seseorang yang tengah mengamuk seperti dalam kasus Adi Saputra yang tengah viral? Ini kata psikolog.

Inibaru.id – Video yang menunjukkan seorang pemuda yang mengamuk sambil membanting sepeda motor di Jalan Letnan Soetopo, Serpong, Tangerang, pada Kamis (7/2/2019) viral di media sosial. Sang pemuda mengamuk lantaran nggak terima ditilang oleh petugas kepolisian.

Kompas, Jumat (8/2) menulis, nggak hanya merusak kendaraannya, bantingan sang pemuda bernama Adi Saputra ini juga hampir mengenai teman perempuanya dan petugas yang sedang menilangnya. Anehnya, saat Adi sibuk membolak-balikkan motornya, nggak ada seorang pun yang menghentikannya. Hanya teman perempuannya yang sekali-kali memintanya berhenti.

Sering kali ketika melihat seseorang mengamuk, orang justru hanya mendiamkan. Apakah ini tindakan yang benar? Psikolog Kasandra Putranto menyebut tindakan orang-orang di sekitar Adi untuk membiarkannya begitu saja ternyata memang tepat mengingat amukannya nggak sampai membahayakan orang lain.

“Jangan asal ingin menenangkan orang yang sedang mengamuk. Kita harus analisa situasinya. Untuk posisi Adi saat itu dia tidak membahayakan orang lain jadi sebaiknya dibiarkan saja,” saran Kasandra.

Kasandra juga menyarankan siapa saja untuk menahan diri jika melihat orang yang mengamuk, apalagi jika nggak  memiiki kemampuan untuk menenangkan orang lain. Jika gagal membuatnya tenang, bisa saja orang yang berusaha menenangkan itu yang akan jadi sasaran amukan.

Lantas, bagaimana dengan sikap petugas membiarkan Adi merusak sepeda motor?

Kasandra menyebut hal ini sepertinya disebabkan oleh petugas yang menganggap sepeda motor ini milik Adi. Nggak  ada hukum yang bisa menjerat orang yang merusak barangnya sendiri.

“Meskipun tetap tenang, petugas atau orang lain juga harus waspada dengan amukan seperti yang Adi lakukan karena ada kemungkinan dia melakukan serangan fisik secara tiba-tiba,” saran Kasandra.

Jika amukan seseorang sudah sampai ingin menyerang orang lain, barulah orang ini harus ditenangkan.

“Jika perlu, harus dipaksa untuk ditenangkan agar tidak sampai membahayakan orang lain,” pungkasnya.

Millens pernah nggak melihat orang yang mengamuk di jalanan hanya karena ditilang oleh polisi sebelumnya? (IB09/E05)