Begini Cara Memberikan Watermark di Data KTP Sebelum Dibagikan

Begini Cara Memberikan Watermark di Data KTP Sebelum Dibagikan
Memberikan watermark terhadap data KTP agar nggak mudah disalahgunakan atau disebar. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Kini, banyak data pribadi KTP yang disalahgunakan seperti dipakai untuk pinjaman online fiktif. Nah, biar kamu nggak mudah mengalami kebocoran data pribadi ini. Kasih deh watermark di data KTP Kamu. Begini caranya.

Inibaru.id – Isu kebocoran data pribadi masih menjadi pembahasan masyarakat. Salah satu yang perlu diwaspadai adalah data pribadi KTP. Padahal, banyak aplikasi atau hal lain yang membutuhkan data KTP. Nah, demi menjaga keamanan datanya, kamu bisa kok memberikan watermark di data pribadi KTP.

Meski membagikan data KTP terlihat mudah dan wajar dilakukan siapa saja, dampaknya bisa lumayan serius, lo. Sejumlah pihak yang nakal namun nggak bertanggung-jawab bisa menyalahgunakannya. Sebagai contoh, bisa jadi rekening bankmu dibobol dan uangnya pun lenyap.

Selain itu, yang sedang ngetren sekarang adalah data pribadi orang dipakai untuk pinjaman online alias pinjol.

Nah, gara-gara hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun menyarankan siapa saja yang ingin membagikan data KTP untuk menambahkan watermark.

Intinya sih begini, Millens, dengan adanya watermark ini, kamu bisa mengetahui dari mana awal data KTP ini tersebar. Jadi, kamu bisa membawanya ke ranah hukum, Millens.

Biar nggak makin bingung, yuk simak bagaimana cara memberikan watermark di data pribadi KTP. Berikut adalah tahapannya.

Scan atau Foto KTP

Namanya juga data pribadi digital, kamu harus melakukan scan atau mengambil gambar foto KTP kamu. Pastikan foto ini jelas, kecerahannya pas, dan rapi sehingga mudah dibaca, Millens.

Belakangan ini, data KTP banyak yang tersebar dan disalahgunakan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)
Belakangan ini, data KTP banyak yang tersebar dan disalahgunakan. (Inibaru.id/Triawanda Tirta Aditya)

Untungnya sih ya, kamu bisa mengambil foto KTP dengan kamera ponsel yang sekarang memang cenderung bagus-bagus. Tinggal pastikan saja cara mengambil fotomu tepat, ya.

Edit Foto dengan Aplikasi

Ada banyak cara untuk memberikan watermark pada data KTP kamu. Contohlah, ada Photo Editor di ponsel, ada Picsart, atau, kamu juga bisa memakai aplikasi populer macam Instagram Story.

Tulis saja “Scan KTP pada (tulis tanggalnya) untuk keperluan (contohlah verifikasi atau kebutuhan lainnya, lengkap dengan siapa yang dikirimkan)” di bagian KTP yang masih kosong seperti di kanan bawah. Pilih warna yang netral seperti putih sehingga meskipun ada watermark-nya, KTP kamu nggak terlihat “kotor”.

Bagaimana Jika Data KTP Harus Dikirim dengan Swafoto?

Nah, yang ini lumayan tricky ya, Millens. Sebenarnya, swafoto dengan KTP ini bisa kok kamu kasih watermark juga.

Kalau nggak, sejumlah orang nggak hanya memamerkan foto dirinya dengan KTP, melainkan juga sembari memegang kertas dengan tulisan yang isinya data ini dikirimkan pada tanggal tertentu dan untuk keperluan apa.

Satu hal yang pasti, kamu jangan sembarangan ngasih data KTP, apalagi yang disertai dengan swafoto. Kalau nggak, bisa jadi datanya disalahgunakan dan kamu nantinya bakal kerepotan, deh.  (Bea/IB09/E05)