Pemudik Perlu Tahu Perbedaan SPBU Ini

Millens, tidak semua SPBU dikelola Pertamina. Cukup banyak SPBU yang dikelola swasta. Begini cara membedakannya.

Pemudik Perlu Tahu Perbedaan SPBU Ini
Kode angka SPBU (Scienceofglory.tech)

Inibaru.id – Kerap kali masyarakat beranggapan semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) adalah punya Pertamina. Padahal, nggak semua SPBU tersebut milik Pertamina. Banyak juga SPBU yang dikelola swasta, lo.

Liputan6.com (17/6/2016) menulis, terdapat beberapa jenis SPBU yang bisa kamu temukan, di antaranya adalah SPBU COCO, CODO, dan DODO. SPBU COCO (Company Owned Company Overated) menandakan bahwa SPBU ini murni milik retail Pertamina. SPBU CODO (Company Owned Dealer Operated) berarti SPBU ini milik swasta atau perorangan yang melakukan kerjasama dengan Pertamina Retail sehingga masih menggunakan standar milik Pertamina. Sementara itu, SPBU DODO (Dealer Owned Dealer Operated) adalah SPBU yang murni dimiliki dan dikelola swasta.

Untuk membedakannya, kamu hanya perlu melihat kode angka yang terpampang di depan SPBU. Sebagai contoh, sebuah SPBU memiliki kode 61.761.01. Angka pertama (6) menandakan lokasi di mana SPBU ini berada, untuk kasus ini angka 6 merupakan kode wilayah Balikpapan. Sementara itu, angka kedua (1) menandakan status SPBU. Angka 1 menunjukkan SPBU milik Pertamina, sedangkan angka 4 menandakan SPBU berjenis CODO atau DODO.

Untuk tiga angka kode di tengah-tengah menandakan daerah SPBU, sedangkan dua angka kode di belakang menunjukkan urutan pembangunan SPBU.

Nah, karena dikelola Pertamina langsung, SPBU berjenis COCO biasanya memberikan kualitas bahan bakar dan pelayanan yang jauh lebih baik sehingga lebih diminati. Nggak jarang, SPBU COCO juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang lainnya seperti mini market, ATM center, jasa cuci motor, bahkan service area. Fasilitas-fasilitas tersebut memudahkanmu saat mudik Lebaran seperti saat ini.

Di Jawa Tengah, kamu bisa mendapatkan SPBU COCO di lokasi-lokasi berikut ini.

  • SPBU COCO 41.512.01 Jrakah, Jl. Raya Subah, Desa Jrakah, Payung, Batang. (Fasilitas yang disediakan: mini market dan ATM center)
  • SPBU COCO 41.501.01 Ahmad Yani, Jl. Ahmad Yani No.157-159 Kota Semarang. (Fasilitas yang disediakan: mini market, toko oli, service area, jasa cuci mobil, ATM center)
  • SPBU COCO 41.502.02 Semarang – Sultan Agung, Jl. Sisingamangaraja No.24, Kota Semarang. (Fasilitas yang disediakan: mini market, toko oli, ATM Center, pengisian air dan angin, musala, nitrogen, pijat refleksi, jasa travel)
  • SPBU COCO 41.502.14 Kaligarang, Jl Kaligarang, Kec. Gajah Mungkur, Kota Semarang. (Fasilitas yang disediakan: mini market dan ATM center)
  • SPBU COCO 41.501.28 Penggaron, Jl Brigjend Sudiarso, Penggaron, Kota Semarang. (Fasilitas yang disediakan: mini market dan ATM center)
  • SPBU COCO 41.573.01 Teras, Jl. Raya Solo-Semarang KM.20 Boyolali. (Fasilitas yang disediakan: mini market, kedai teh, jasa cuci motor, dan ATM center)
  • SPBU COCO 41.561.01 Menowo, Jl. Ahmad Yani No 138 Menowo, Magelang. (Fasilitas yang disediakan: mini market dan ATM center)
  • SPBU COCO 41.575.01 Solo Baru, Jl. Raya Solo Baru, Desa Madegendo, Kec. Gogol, Sukoharjo. Fasilitas yang disediakan: ATM center)

Bagi kamu yang mau mudik menggunakan kendaraan pribadi, kamu bisa mampir ke SPBU itu untuk mengisi bahan bakar atau sekadar beristirahat sejenak, Millens. Oh iya, jangan lupa penuhi tangki bensinmu sebelum mudik ya supaya perjalananmu nyaman. (IB09/E04)