Perhatikan Hal-Hal Ini Biar Tidurmu Lebih Berkualitas

Perhatikan Hal-Hal Ini Biar Tidurmu Lebih Berkualitas
Ilustrasi tidur. (Okaydoc)

Sebab termasuk salah satu rutinitas, banyak orang yang tak acuh dengan cara tidur. Padahal, kalau tidurmu nggak benar, banyak masalah yang bakal timbul, lo.

Inibaru.id – Seperti makan, manusia juga membutuhkan tidur untuk mengembalikan kebugaran tubuh. Namun, banyak orang yang tidur secara asal-asalan, yang penting memejamkam mata. Padahal, supaya tubuh kembali bugar, diperlukan kiat-kiat tertentu, Millens.

Nah, berikut ada sejumlah cara supaya tidurmu lebih berkualitas sehingga tubuhmu bisa langsung bugar sehabis bangun.

Mengatur Waktu dan Durasi Tidur

Anjuran durasi tidur. (Aplikasiergonomi.wordpress)

Seseorang biasanya membutuhkan waktu tidur normal sekitar 8 jam per hari. Namun semakin dewasa seseorang biasaya hanya membutuhkan waktu tidur 7,5 jam saja per hari. Sementara, untuk bayi hingga batita membutuhkan waktu tidur yang lebih lama antara 12-18 jam.

Selain durasi tidur, waktu tidur juga perlu diperhatikan. Dilansir dari Popbela.com, (3/11/2018) waktu tidur ideal manusia dimulai dari pukul 10 malam dan bangun pada pukul 6 pagi. Jika tidak, kamu bisa memulai jam tidur di antara pukul 10 malam sampai 12 malam. Waktu-waktu tersebut sangat berpengaruh untuk mendapatkan tidur nyenyak dan mimpi indah.

Hindari Mengonsumsi Alkohol, Kafein, Gula, dan Makanan Pedas Sebelum Tidur

Ilustrasi makan di jam tidur. (Thinkstockphotos)

Selain memperhatikan waktu dan durasi tidur, menghindari makan sebelum tidur juga penting. Ada baiknya kamu tidak mengonsumsi alkohol, minuman berkafein, gula, dan makanan pedas selama 4-6 jam sebelum tidur seperti ditulis Forbes.com, Kamis (14/3/2019). Kamu juga dianjurkan nggak merokok dalam kurun waktu tersebut.

Mengonsumsi makanan-makanan di atas sebelum tidur dapat menyebabkan kualitas tidurmu menurun dan mengurangi waktu tidur. Kalau sudah begitu, badan yang seharusnya sehat dan segar saat terbangun, malah terasa capek.

Menciptakan Suasana Tenang di Ruang Tidur

Ilustrasi suasana tenang dalam kamar. (Pinterest)

Untuk meningkatkan kualitas tidur, kamu juga perlu menghilangkan gangguan, kebisingan, dan cahaya berlebih dari area tidurmu. Kalau nggak suka gelap, kamu bisa menggunakan lampu tidur sebagai pengganti lampu ruangan.

Kamu juga disarankan untuk nggak menggunakan perangkat digital saat akan mendekati masa tidur apalagi meletakkan telepon genggam di dekat kepala. Selain mengganggu rileksasi pikiran, radiasi dari telepon genggam juga membahayakan tubuh.

Hindari Penggunaan Tempat Tidur Selain untuk Tidur

Ilustrasi bekerja di tempat tidur. (Pixabay)

Fungsi dari tempat tidur pastinya untuk tidur ya, Millens. Usahakan jangan gunakan tempat tidurmu sebagai tempat kerja atau melakukan hal lain. Selain membuat pekerjaanmu nggak maksimal, saat tidur, pikiranmu bisa jadi membayangkan pekerjaan. Alhasil, nggak bisa tidur deh.

Sempatkan Berolahraga Ringan

Ilustrasi peregangan tubuh. (Tokolahraga)

Menyempatkan diri  untuk berolahraga ringan dalam sehari juga disarankan untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Olahraga ringan ini bisa kamu lakukan selama 15 menit. Fungsi olahraga ringan itu tidak lain adalah untuk melenturkan tubuh yang kaku karena telah digunakan beraktivitas seharian. Bagian-bagian yang perlu diregangkan yakni wajah, tangan, pundak, dan kaki.

Mencukupi Kebutuhan Tidur dalam Seminggu

Ilustrasi jam tidur. (Shutterstock)

(Thinkstockphotos)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Intip 5 Alasan Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi", https://money.kompas.com/read/2017/03/18/193000526/intip.5.alasan.pebisnis.harus.rajin.bangun.pagi. shu
(Thinkstockphotos)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Intip 5 Alasan Pebisnis Harus Rajin Bangun Pagi", https://money.kompas.com/read/2017/03/18/193000526/intip.5.alasan.pebisnis.harus.rajin.bangun.pagi.

Banyak orang beranggapan, tidur cukup dilakukan selama 4-5 jam, padahal seharusnya durasi tidur lebih dari itu. Kalau jatah tidur kurang, tubuh akan cepat lelah dan kurang bersemangat.

Nah, kalau kamu termasuk orang yang irit tidur, cobalah untuk menambahkan jam tidur 30 sampai 60 menit dalam 30 hari, lalu rasakan perbedaanya. Menurut penelitian yang dikutip World Sleep Day toolkit, kualitas tidur berdampak lebih besar pada kualitas hidup.

Seimbangkan Waktu untuk Bekerja dan Beristirahat

Ilustrasi kelelahan saat bekerja. (Lewatmana)

Hal satu ini seringkali diabaikan banyak orang. Yap, menyeimbangkan aktivitas dan waktu rehat perlu dilakukan. Sepadat apa pun pekerjaanmu, jangan lupa istirahat dan tidur yang cukup.

Mengikuti pola tidur yang baik dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, punya daya tahan tubuh yang baik, dan suasana hati. yang baik pula. So, mulai sekarang biasakan tidur sesuai dengan kapasistas ya. Jangan lupa sikat gigi dan mencuci tangan serta kaki sebelum tidur. (IB07/E04)