Begini Cara Jokowi Bikin Rakyat Sekitar Perbatasan Merasakan Kehadiran Negara

Dua tahun pemerintahan Jokowi-JK, pemerintah bekerja keras untuk melakukan tindakan nyata dalam memajukan bangsa, salah satunya adalah pembangunan infrastruktur di berbagai daerah di Tanah Air.

Begini Cara Jokowi Bikin Rakyat Sekitar Perbatasan Merasakan Kehadiran Negara
Salah satu pos perbatasan negara modern di Entikong, Kalimantan Barat. (Foto: twitter.com)

Inibaru.id - Cukup banyak daerah pelosok yang selama ini belum merasakan sentuhan pembangunan dari pemerintah pusat maupun daerah yang kini mulai mendapatkan perhatian. Bahkan, beberapa daerah yang sebelumnya merasa dilupakan sebagai bagian dari wilayah Indonesia juga mulai mendapatkan pembangunan infrastruktur, khususnya pada wilayah perbatasan.

Presiden Jokowi sendiri menyebutkan bahwa tujuan pemerintahannya dalam melakukan pembangunan infrastruktur di berbagai wilayah perbatasan ditujukan untuk membangun pusat ekonomi baru di daerah-daerah tersebut. Dengan berkembangnya pusat perokonomian ini, diharapkan Indonesia akan mengalami pemerataan ekonomi di masa depan.

Baca juga: Ini Dia Desa-Desa di Indonesia yang Akhirnya Dialiri Listrik

Seperti kita tahu, berbagai wilayah pelosok dan perbatasan selama ini cenderung dikenal sebagai tempat dengan tingkat ekonomi yang tertinggal akibat dari minimnya ketersediaan sarana infrastruktur yang memadai. Selain itu, pusat perekonomian Indonesia juga cenderung masih hanya terpusat di Pulau Jawa saja.

Dalam pidato yang dilakukan pada sidang tahunan MPR/DPR/DPD RI pada Rabu (16/8/2017), Presiden Jokowi menyebutkan bahwa pembangunan yang dijalankan oleh pemerintahannya dilakukan tidak hanya untuk mereka yang tinggal di area perkotaan dan sudah dilengkapi dengan berbagai sarana infrastruktur yang memadai, namun juga bagi mereka yang tinggal di area pedesaan, area pinggiran, pulau-pulau terluar, hingga di kawasan perbatasan. Dengan melakukan pembangunan di area-area tersebut, diharapkan seluruh anak bangsa bisa merasakan kehadiran dan perhatian dari negara.

Tak hanya membangun pusat ekonomi baru di berbagai wilayah di tanah air, khususnya di wilayah pelosok yang tentu bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di wilayah-wilayah tersebut, adanya sarana infrastruktur yang memadai di wilayah pelosok dan perbatasan juga diharapkan mampu menambah rasa bangga masyarakat akan statusnya sebagai warga negara Indonesia.

Baca juga: Harga BBM di Papua Terus Turun Berkat Jokowi

Selama ini, cukup banyak masyarakat perbatasan yang mengaku merasa dianak-tirikan dan bahkan tidak dianggap oleh pemerintah. Diharapkan, ke depannya kondisi ini tidak akan muncul di masa depan.

Menurut Presiden Jokowi, pemerintahannya ingin rakyat di area perbatasan bangga menjadi bagian dari Republik Indonesia.

“Kita ingin rakyat di area perbatasan merasakan kehadiran Negara dengan adanya pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) yang dilakukan di Motaain dan Motomasin di Provinsi Nusa Tenggara Timur, Skouw di Papua, Entikong di Kalimantan Barat, Aruk di Kalimantan Barat, dan juga di Nanga Badau di Kalimantan Barat,” tandasnya. (AW/IB)