Begini Cara Bikin Tampilan Dark Mode Di 7 Aplikasi Ponsel Ini

Begini Cara Bikin Tampilan Dark Mode Di 7 Aplikasi Ponsel Ini
Aplikasi ponsel dengan fitur tampilan dark mode. (engadget.com)

Ternyata, sudah cukup banyak aplikasi di ponsel pintar yang menyediakan fitur dark mode atau mode gelap. Berikut adalah aplikasi-aplikasi tersebut.

Inibaru.id – Belakangan ini banyak aplikasi ponsel pintar yang menyediakan fitur dark mode alias mode gelap. Fitur ini dianggap bisa membuat daya baterai lebih hemat sekaligus bikin mata lebih nyaman saat menatap ponsel sehingga mencegah datangnya migrain.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang sudah menyediakan fitur dark mode.

 WhatsApp

Fitur <i>dark mode</i> WhatsApp (Frentech.id)
Fitur dark mode WhatsApp (Frentech.id)

Salah satu aplikasi berkirim pesan yang paling sering digunakan di ponsel pintar ini sudah mulai menyediakan fitur dark mode. Jika ingin menerapkan mode ini, kamu hanya perlu mengmperbarui aplikasi WhatsApp yang sudah ada di ponselmu. Setelahnya, masuk ke bagian Settings, memilih bagian Chats, dan masuk ke menu Theme. Di menu terakhir ini, kamu tinggal memilih tampilan Dark.

Instagram

Fitur <i>dark mode</i> Instagram (watulintang.com)
Fitur dark mode Instagram (watulintang.com)

Ngak semua pengguna ponsel pintar sudah bisa menggunakan fitur dark mode untuk Instagram. Untuk mengaktifkannya, update ponselmu ke sistem operasi Android 10 serta iOS 13. Selanjutnya, masuk ke bagian Setting, Display, dan kemudian aktifkan Night Mode. Cara yang sama juga bisa diterapkan pada ponsel iPhone dengan sistem operasi iOS13. Hanya saja, menu Night Mode biasanya tertulis Dark Mode.

Twitter

Fitur <i>dark mode</i> Twitter.(gsmarena.com)
Fitur dark mode Twitter.(gsmarena.com)

Terdapat dua jenis fitur dark mode yang bisa kamu pilih di Twitter, yakni  tampilan abu-abu gelap atau hitam pekat. Jika ingin mengaktifkannya, ketuklah foto profil di pojok kiri atas dan mencari menu Settings and Privacy. Selanjutnya pilih menu Display and Sound dan memilih Dark Mode.

Jika ingin memilih jenis fitur dark mode, masuklah ke menu Display and Sound, lalu memilih Dark Mode Appearance. Di sini, kamu bisa memilih di antara tampilan Dim atau Light Out.

YouTube

Fitur <i>dark mode</i> Youtube. (Fossbytes.com)
Fitur dark mode Youtube. (Fossbytes.com)

Ternyata, Youtube juga menyediakan fitur dark mode, lo. Fitur ini diklaim bisa membuatmu muerasa nyaman menonton video di ruangan dengan cahaya yang minim.

Cara mengaktifkannya adalah dengan mengetuk foto profil yang ada di bagian kanan atas. Setelah masuk ke menu Settings, tinggal masuk ke menu General dan mengetuk menu Dark Theme.

LINE

<i>Dark mode</i> LINE (thenextweb.com)
Dark mode LINE (thenextweb.com)

Ternyata, Line sudah lama mengaktifkan fitur dark mode. Fitur ini masuk dalam kategori tema yang bisa diunduh secara gratis. Untuk mengaktifkannya, ketuk menu More di bagian pojok kanan bawah, lalu pilih Settings, masuk ke Themes, pilih My Themes, dan pilih tema Black.

Telegram

fitur <i>dark mode</i> di Telegram (dribbble.com)
fitur dark mode di Telegram (dribbble.com)

Jika ingin mengaktifkan fitur dark mode di Telegram, kamu hanya perlu mengetuk ikon baris tiga yang bisa ditemukan di bagian kiri atas. Setelahnya, pilih ikon bulan sabit yang ada di bagian kanan atas. Tampilan telegram pun akan menjadi gelap.

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan masuk ke ikon baris tiga, pilih menu Settings, lalu pilih menu Chat Settings, terakhir  pilih Color Theme yang gelap.

 Slack

Fitur <i>dark mode</i> di Slack (mobileappdaily.com)
Fitur dark mode di Slack (mobileappdaily.com)

Pengguna Slack juga bisa mengaktifkan fitur dark mode dengan cara mengetuk ikon titik tiga yang bisa ditemukan di bagian kanan atas. Pilih menu Settings, dan kemudian aktifkan Dark Mode.

Kamu lebih suka dengan fitur dark mode atau lebih suka dengan tampilan aplikasi yang biasa nih, Millens? (IB09/E06)