Begini Cara Agar Kamu Bisa Mengiris Bawang Tanpa Harus Menangis

Begini Cara Agar Kamu Bisa Mengiris Bawang Tanpa Harus Menangis
Ada tips mengiris bawang agar nggak menangis. (Flickr/Marco Verch)

Kalau memasak, pasti kurang nyaman kalau harus mengiris bawang. Maklum, mata jadi perih dan bikin air mata keluar. Ada nggak sih tips mengiris bawang tanpa harus menangis?

Inibaru.id – Kamu hobi memasak, Millens? Kalau masakannya udah jadi pasti senang ya ngelihatnya. Tapi, pas memasak kadang kita merasakan banyak hal yang nggak enak. Contohnya, pas harus mengiris bawang, pasti harus bercururan air mata, deh. Sebenarnya, ada nggak sih cara agar kita bisa mengiris bawang tanpa harus menangis?

Kalau kamu masih penasaran mengapa mengiris bawang bisa bikin mata jadi perih, kita punya penjelasannya, kok, Millens. Jadi gini, saat kita memotong bawang, bumbu dapur ini bakal mengeluarkan bahan kimia bernama lachrymatory factor alias LF. Bahan kimia ini semacam gas yang bisa mencapai mata dan membuatnya terasa pedih. Mekanismenya bahkan sama dengan gas air mata, lo.

Menariknya, keberadaan LF ini sebenarnya adalah senjata rahasia dari bawang demi melindungi diri, khususnya dari mikroba, hewan pengerat, atau bahkan manusia. Intinya sih, biar bawang bisa tetap tumbuh di dalam tanah dengan baik.

Sekarang balik lagi ke tips mengiris bawang tanpa harus menangis. Sebagian orang sih terbiasa dengan hal ini dan nggak menganggapnya sebagai hal yang penting. Tapi, bagi mereka yang jarang memasak, pasti hal ini sangat mengganggu, kan, Millens?

Ada yang sampai memakai kaca mata renang alias google biar nggak menangis saat melakukannya. Ide ini sebenarnya cerdas sih, tapi lumayan merepotkan, apalagi jika nggak punya kaca mata renang. Nah, untungnya, seorang Chef dari New Delhi, India bernama Saransh Goila punya trik lebih mudah.

Bawang punya senyawa kimia khusus yang bisa bikin mata pedih. (Flickr/

Quinn Dombrowski)
Bawang punya senyawa kimia khusus yang bisa bikin mata pedih. (Flickr/ Quinn Dombrowski)

Lelaki 34 tahun yang punya restoran bernama Goila Butter Chicken ini menyebut tips yang dia berikan hanya membantu mengurangi efek gas air mata saat mengupas bawang. Tapi jelas lumayan efektif bagi mereka yang harus bekerja di dapur dan mengiris puluhan atau ratusan kilogram bawang.

Jadi, bawang-bawang ini sebelum diiris sebaiknya dikupas terlebih dahulu. Setelahnya, bawang ini disimpan di dalam freezer selama 10 menit. Kalau adanya chiller kulkas, waktunya 30 menit Millens. Setelahnya, kamu bisa mengeluarkan bawang dan mulai mengirisnya.

Tapi ingat ya, Millens kalau bagian ujung akarnya dibuang dulu. Dengan cara ini, kamu setidaknya nggak bakal banyak menangis saat mengiris bawang.

Ada juga tips lain yang diberikan Goila, yakni dengan merendam bawang di air dingin terlebih dahulu. Setelah beberapa saat, kamu bisa kok mulai mengirisnya tanpa khawatir bakal merasakan perih di mata dengan berlebihan.

Nah, sudah tahu kan tips mudah mengiris bawang tanpa harus menangis? Diterapkan ya kalau memang mau memasak, Millens. (Rep/IB09/E05)